Kamis, 30 November 2017 17:14 WIB

FFI Akhiri Kontrak Vic Hermans Lebih Cepat

Editor : Yusuf Ibrahim
Pelatih tim nasional futsal Indonesia, Vic Hermans. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (Sekjen FFI), Edy Prasetyo mengungkapkan bahwa pelatih tim nasional futsal Indonesia, Vic Hermans resmi mengakhiri masa kerjanya sebagai pelatih per Kamis (30/11).

Kabar diberhentikannya pelatih asal Belanda itu disampaikan Edy di sela-sela pemaparan rencana program 2018 pada kongres FFI di MNC Conference Hall, Jakarta, Kamis.

Kurang optimalnya prestasi timnas futsal Indonesia menjadi dasar diakhirinya kontrak Vic Hermans lebih cepat. Seharusnya kontrak Vic Hermans sebagai pelatih kedaluwarsa pada Desember 2017.

FFI cukup gerah dengan kinerja Vic Hermans dalam menangani timnas futsal, sehingga diputuskan untuk segera mencari pelatih baru yang bisa kembali menaikkan prestasi futsal.

"Dia (Vic Hermans) tidak melakukan perubahan apa-apa. Bahkan Timnas mainnya lebih bagus tahun 2016. Lebih bagus, lebih berkarakter, lebih cepat lebih menggigit. Vic Hermans tidak melakukan apa pun," kata Edy usai melakukan pemaparan, sebagaimana mengutip dari Okezone.

"Pelatih memiliki hak memilih pemain 100 persen. FFI punya hak menanyakan tapi tidak mengatur. Kenapa memilih pemain A atau B. Kalau jawabannya masuk akal ya sudah, kalau tidak yang tunggu tanggal mainnya, kalau kalah kita sikat," lanjut Edy.

Secara keseluruhan, apabila melihat dari segi prestasi, ranking timnas futsal Indonesia mengalami penurunan di daftar peringkat FIFA. Indonesia mampu menempati posisi 45 pada 2016. Namun, tahun ini, justru turun 12 peringkat.

Sementara, dalam turnamen-turnamen penting, Vic Hermans tak mampu mengantarkan Indonesia lolos fase grup di AFF Futsal Championship 2017, serta gagal meraih medali di SEA Games 2017.

FFI kini tengah menimbang untuk mencari pelatih pengganti. Namun, kriteria khusus sudah ditetapkan FFI, yang disepakati dalam kongres, dan dua di antaranya adalah dari segi prestasi dan pengalaman dunia.(snd)


0 Komentar