Minggu, 03 Desember 2017 17:07 WIB

INASGOC Harap Kualitas Race Manajemen Cabang Layar Meningkat

Editor : Yusuf Ibrahim
Test event cabang layar di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Keinginan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) agar test-test event yang digelar dalam rangka "Road to Asian Games 2018" mampu meningkatkan kualitas competition dan venue manajer terlaksana di test event cabang layar yang berlanbgsung 1-3 Desember di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta.
 
Dalam kejuaraan yang diikuti peserta dari 12 provinsi, plus dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, PB Porlasi selalu panitai penyelenggara menggelar “Race Manajemen Clinic Sailing (RMC) 2017” untuk seluruh wasit (race officer) layar dari beberapa wilayah di Indonesia, seperti dari provinsi Aceh, Banten, Jatim, dan Jabar.
 
"Kemampuan competition dan venue manajer yang mumpuni jadi syarat utama agar Asian GAmes 2018 di Indoensia berkualitas. Apalagi, saat ini OCA sudah mendatangkan technical adviser yang harus dimaksimalkan sebagai konsultan dalam memberikan arahan agar pelaksanaan pertandingan di test event ini nyaris menyamai ajang sesungguhnya," jelas Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir, Sabtu (2/12/2017).
 
Program RMC diadakan agar kualitas dan pengetahuan race officer meningkat dalam mengelola perlombaan layar. 
Sebagian besar materi RMC, diberikan oleh Wakil Ketua 1 Porlasi Pusat, Iwan T. Ngantung. Materi yang dipaparkan mengenai ketelitian dalam penilaian lomba serta pentingnya alat-alat penjurian dalam kejuaraan. RMC sendiri telah berlangsung sebelum test event berlangsung. Para peserta RMC langsung mempraktekkan teori di perhelatan test event.
 
Sementara itu, PB Porlasi memiliki target untuk mengembalikan kejayaan cabang layar yang pernah menyumbangakn medali emas di Asian Games Bangkok 1998 dan Busan 2002 melalui atlet layar di nomor mistral, Oka Sulaksana. Saat ini, regenerasi di cabang ini agak terhambat. Dari sekitar 450 atlet layar nasional yang terdaftar, masih sedikit yang bsia berbicara di level internasional.
 
Ketua Umum Porlasi, Laksamana Muda TNI AL, Darwanto mengatakan Porlasi terus berupaya menciptakan atlet layar handal Indonesia yang mampu bersaing di kancah dunia. “Saya terus berusaha agar Porlasi bisa melahirkan atlet layar yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional, terutama di Asian Games nanti. Apalagi kami punya sejarah medali emas di Asian Games,” ujar Darwanto.(ist)

0 Komentar