Senin, 04 Desember 2017 15:35 WIB

TNI Siap Sebar Pasukan dan Alutista Bantu Korban Bencana Alam

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan TNI siap menyebar pasukan untuk bersiaga serta membantu korban bencana alam yang tengah melanda sejumlah wilayah. Sebab, Gatot beranggapan peralatan yang dimiliki TNI mampu membantu hingga mengevakuasi warga.

"Begini, TNI itu disiapkan dengan alat utama dan sistem persenjataan dan perlengkapan untuk perang. Sehingga setiap saat TNI itu siap siaga untuk menghadapi perang. Nah apabila ada bencana, alat-alat yang bisa dimanfaatkan ini lebih cepat dimanfaatkan," ujar Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (04/12).

Presiden juga menginstruksikan TNI untuk tanggap membantu korban bencana. Gatot menambahkan, tanpa alat utama sistem senjata (alutsista) yang ada satuannya selalu siap menghadapi bencana.

"Sehingga kita siagakan semua untuk menghadapi bencana, apalagi yang disampaikan oleh pak Presiden. Tanpa itu pun kita semuanya udah siaga. Begitu ada tinggal diberangkatkan," ujarnya.

"Kita sudah siapkan dapur lapangan. Apabila diperlukan, tidak cukup di Bali, kita kirim lagi ke daerah lain," tambahnya.

Gatot menambahkan, Pesawat Hercules mampu melancarkan distribusi logistik untuk pengungsi ke daerah bencana, seperti di Pacitan. Namun, bila nanti ada wilayah yang tak dapat dijangkau lewat jalur udara seperti Bali, Gatot menegaskan TNI selalu siaga dalam kondisi apa pun.

"Kalau penerbangannya selama masih terbuka kan bisa. Tapi kalau tidak terbuka ya pesawat tak ada yang bisa masuk. Tapi semua apa pun yang diminta kita siap," tegasnya.


0 Komentar