Jumat, 02 Februari 2018 08:08 WIB

Pemprov DKI Gandeng MUI Wujudkan Wisata Halal

Editor : Rajaman
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemprov DKI Jakarta segera membuat destinasi wisata halal. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menunjuk tempat destinasi wisata halal tersebut.

"Jadi itu kemarin sudah diproses dan hari ini mereka datang (MUI). Dan bersama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya, kita akan mencoba mengidentifikasi satu sampai dua destinasi yang bisa kita sertifikasi sebagai halal destination," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

Dia menambahkan, Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI DKI Jakarta akan mensertifikasi destinasi halal itu. Sandi menjelaskan, konsep wisata halal lebih menekankan di sektor kuliner dan juga busana muslim. Dia juga merujuk pada syariah syariah Islam.

"Karena kalau misalnya satu destinasi didestined, atau ditunjuk menjadi destinasi halal, semuanya harus mengkaji kepada kaidah-kaidah syariah dan halal dari MUI. Tadi yang disampaikan seperti itu," terang Sandi.

"Yang lagi diusulkan ada beberapa tempat. Kalau sektornya mungkin yang paling dekat adalah kuliner dan juga berkaitan dengan mungkin busana, atau garmen, atau fashion," tambahnya.

Pihaknya melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga masih meraba lokasi yang tepat. Sandi juga ingin wisata halal ini dimeriahkan pada gelaran Jakarta Great Sale yang diundur pada bulan Agustus.

"Jadi tim dari Pariwisata Budaya lagi menseleksi lokasi mana yang cocok untuk diarahkan mungkin wisata religi, atau satu mal yang punya pojok halal, dan sebagainya. Dan kita ingin juga mereka berpartisipasi di festival Jakarta Great Sale," ujar Sandiaga.


0 Komentar