Jumat, 02 Februari 2018 10:58 WIB

DPR Usul Pemerintah Segera Tunjuk Dubes RI untuk Palestina

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi I DPR mengusulkan agar pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) segera menunjuk Dubes RI untuk Palestina.

Ihwal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais. Hanafi mengaku, usulan itu datang dari beberapa fraksi di Komisi I.

"Sebenarnya usulan ini tidak hanya kemarin. Karena sebelumnya ketika kita diskusi di internal Kemenlu, saya juga pernah menyampaikan untuk mengikhtiarkan langkah diplomatik ini," kata Hanafi, Kamis (1/2/2018).

Hanafi menyarankan, jika membangun kantor perwakilan kedutaan RI di Palestina tidak dikabulkan Israel, tempatnya bisa dibangun di Jakarta. Namun, langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan berkeliling ke negara lain untuk melakukan penggalangan batuan. Penggalangan itu baik dalam bentuk dukungan politik, ekonomi, maupun bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

"(Karena Palestina) Yang sekarang ini sedang mengalami nasib terburuk, pasca Amerika meng-cut bantuan itu. Dan juga terjadi Yahudinisasi di Yerusalem dan Al-Quds yang pasti akan menyingkirkan warga Palestina," terang dia.

Guna mendorong langkah konkrit tersebut, sambung Hanafi, Indonesia tidak bisa menyikapi persoalan Palestina tersebut secara visual saja.

"Itulah kenapa kita mendorong Kemenlu untuk menunjuk atau mengangkat Dubes RI untuk Palestina," pungkas dia.


0 Komentar