Kamis, 01 Maret 2018 07:31 WIB

Dirut Waskita Pasrah Bila Dicopot

Editor : Rajaman
Dirut Waskita Muhammad Choliq (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian BUMN akan merombak jajaran direksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 6 April 2018. Langkah itu menyusul evaluasi kinerja direksi mengingat banyaknya kecelakaan kerja yang terjadi belakangan.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama Waskita Muhammad Choliq mengakui pihaknya memang menyumbang kecelakaan terbanyak dari proyek-proyek tersebut. Dia pun mengaku siap bila nantinya dicopot dari jabatannya dalam RUPS.

"Ya enggak apa-apa harus rela dong. Jabatan direksi itu amanah, kalau yang memberi amanah sudah mencabut ya kenapa?" katanya di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Untuk itu, ia tak sungkan dengan adanya perombakan yang bakal dilakukan. Dengan adanya perombakan direksi, diharapkan ada jabatan baru yang bakal mengatur K3 dalam proyek-proyek yang dikerjakan.

"Dengan peningkatan size produksi tersebut harus diikuti dengan manajemen K3 yang lebih baik. Makanya, salah satu yang bisa dilakukan adalah struktur organisasinya harus ada yang mengatur K3 khusus selain direktur operasional. Ini yang Waskita belum sadar," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengatakan kecelakaan kerja di beberapa proyek infrastruktur PT Waskita Karya merupakan tanggungjawab direksi, selain pelaksana proyek. 

"Sanksi ini kita berikan tentu saja sesuai tingkat kesalahannya. Waskita ada perombakan (direksi), dan tentu saja beberapa (BUMN) Karya lain yang ada kecelakaan kerja juga kita review," kata dia.

Dia bilang, perombakan direksi ini diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi BUMN karya lain untuk bisa lebih berhati-hati dalam mengerjakan proyek yang ditangani.

"Untuk pelajaran juga untuk yang lain. Enggak harus seluruhnya (direksi yang diganti), kalau nama saya enggak bisa bocorkan. Itu kan perusahaan terbuka," tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pimpinan Rini Soemarno bakal merombak jajaran direksi BUMN karya, salah satunya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Perombakan tersebut rencananya akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada April 2018.


0 Komentar