Kamis, 08 Maret 2018 11:11 WIB

Pengunjung Kebun Binatang Tertangkap Basah Beri Orangutan Rokok

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Indonesia sekarang dapat menambahkan orangutan merokok ke daftar pecandu nikotin. Sebuah video yang diambil pada hari Minggu menunjukkan binatang itu mengambil puntung rokok yang dilempar ke kandang kebun binatang oleh seorang pengunjung dan kemudian mengisapnya.

Gambar Ozon orangutan berusia 22 tahun di kebun binatang di Bandung, sekitar 150 kilometer tenggara Jakarta, menjadi viral.

Ini bukan yang pertama bahwa orangutan kebun binatang telah tertangkap basah mengisap rokok di Indonesia, yang memiliki catatan perlindungan hewan yang luar biasa dan salah satu tingkat merokok tertinggi di dunia.

Pada tahun 2012 seekor kera besar di kebun binatang lain menjadi pecandu nikotin setelah memunguti puntung rokok.

Seorang juru bicara kebun binatang Bandung pada hari Rabu mengatakan bahwa sementara insiden tersebut disesalkan, pihaknya memiliki staf untuk menjaga kandang hewan tersebut.

Tapi petugas yang bertanggung jawab mungkin sudah di kamar mandi saat itu, tambahnya.

"Sebenarnya ada tanda di lokasi yang mengatakan bahwa pengunjung tidak diperbolehkan memberi makanan dan rokok kepada hewan," kata juru bicara Sulhan.

Aktivis hewan mengecam tindakan pengunjung tersebut namun ia juga mengatakan bahwa hal tersebut menggarisbawahi keadaan buruk kebun binatang di Indonesia.

"Pengendalian yang lemah oleh manajemen kebun binatang juga perlu ditangani," kata Marison Guciano, pendiri Masyarakat Kesejahteraan Hewan Indonesia.

"Tapi akar masalahnya adalah kita tidak memiliki standar kesejahteraan hewan di kebun binatang. Hampir semua kebun binatang dalam kondisi buruk, dari kandang dan kebutuhan makan akan kesehatan hewan."


0 Komentar