Jumat, 09 Maret 2018 18:44 WIB

BI Siapkan Dana Tunai Rp 5 Triliun untuk Antisipasi Pilkada Papua

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengantisipasi adanya peningkatan kebutuhan uang tunai menjelang pelaksanaan Pilkada Gubernur Papua dan pilkada di delapan kabupaten lainnya.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indoensia Provinsi Papua, Joko Supratikto menyatakan, BI telah menyiapkan uang tunai sebanyak tiga hingga lima trilun rupiah.

"uang tunai itu disiapkan oleh kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua untuk memenuhi kebutuhan
menjelang pelaksanaan pilkada di Papua dan jumlah ini disipakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di momen-momen tertentu” kata Joko Supratito.

Biasanya pada bulan yang normal Bank Indonesia menyediakan uang tunai dua hingga tiga triliun rupiah dan Bank Indonesia optimistis kondisi politik di Papua tidak akan berlarut-larut, Menurut Joko di sela-sela pemaparan diseminasi kajian ekonomi dan keuangan regional papua di Jayapura.

“Di tahun 2018 pilkada baik di tujuh kabupaten dan maupun provinsi diperkirakan ada peningkatan kegiatan
ekonomi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai juga meningkat walaupun ada beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan secara non tunai, BI memandang kebutuhan uang tunai akan meningkat “, tutur
Joko.

BI juga mencermati pada pilkada di Papua terdapat peningkatan kegiatan ekonomi dan juga ada orang yang
memanfaatkan dengan tujuan sifatnya melanggar hukum misalnya peredaran uang palsu.

Untuk itu Joko menegaskan “ bahwa Bank Indonesia berfungsi menjaga segala transaksi yang berkaitan dengan pilkada berjalan lancar dan
bila memungkinkan menggunakan transaksi non-tunai, Bank Indonesia akan melakukan sosialisasi di
pasar di Jayapura, Papua agar mereka dapat segera mengetahui cara mengenali uang asli dan palsu".

Sumber : Ant


0 Komentar