Rabu, 28 Maret 2018 13:38 WIB

Hotspot 5G Pertama di Dunia Berada di Australia

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ini adalah kabar baik, Australia kini menjadi rumah bagi hotspot Wi-Fi berkemampuan 5G pertama di dunia. Berita buruknya? Saat ini tidak ada ponsel atau tablet berkemampuan 5G di pasar, jadi tidak ada yang menggunakannya yang akan melihat kecepatan 5G.

Aussie carrier Telstra menginstal hotspot di 5G Innovation Center di South Port di pantai timur Australia, memanfaatkan jaringan uji 5G-nya. Tetapi sementara Innovation Center telah dilengkapi dengan modem berkemampuan 5G untuk menyalakan hotspot, orang yang menggunakan Wi-Fi gratis tidak akan melihat kecepatan 5G. Itu berkat keterbatasan throughput Wi-Fi, serta fakta publik akan terjebak pada ponsel 4G.

Telstra mengatakan jaringan 5G-nya mampu mencapai kecepatan hingga 3Gbps, tetapi orang yang menggunakan Wi-Fi akan dibatasi sekitar 100Mbps, berdasarkan uji coba hari peluncuran. 

Perlombaan menuju 5G terus berlanjut karena operator di seluruh dunia mendorong untuk menjadi yang pertama ke pasar dengan pengujian 5G dan demo 5G publik.

Namun, Telstra telah bekerja keras untuk mendapatkan buzz 5G di Australia. Peluncuran hotspot 5G didampingi oleh demo mobil 5G yang terhubung pertama di Australia. Telstra mengatakan bahwa kecepatan unduh mencapai 1Gbps di dalam mobil, yang juga memiliki jalur akses Wi-Fi sendiri.


0 Komentar