Senin, 02 April 2018 17:31 WIB

Sebelas Warga Palestina Terluka setelah Tembakan Israel di Dekat Perbatasan Gaza

Editor : Amri Syahputra

Gaza, Tigapilarnews.com - Sebelas warga Palestina terluka oleh tembakan Israel pada hari Minggu di dekat perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara kementerian Ashraf al-Qudra mengatakan pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah perbatasan timur Gaza, melukai 11 orang, satu orang dengan luka serius.

Cedera itu terjadi ketika sejumlah warga Palestina berkumpul di dekat perbatasan sebagai bagian dari protes Palestina yang menuntut hak untuk kembali.

Pada hari Jumat, puluhan ribu berkumpul di perbatasan timur Gaza sepanjang 45 kilometer dengan Israel untuk menegaskan kembali hak mereka untuk kembali ke rumah leluhur mereka di Palestina yang bersejarah.

Menjelang demonstrasi massa, Israel telah mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan. Dijuluki "Great March of Return," protes juga dimaksudkan untuk menekan Israel untuk mengangkat blokade Gaza lebih dari satu dekade.

Serangan pasukan Israel terhadap para demonstran menyebabkan 15 orang Palestina menjadi martir dan hampir 1.500 orang terluka.

Rally didukung oleh hampir semua faksi politik Palestina, yang berulang kali menekankan sifat damai acara tersebut.

Hari Tanah Palestina adalah peringatan tahunan Palestina enam warga Arab Israel yang dibunuh oleh pasukan Israel pada tahun 1976, selama demonstrasi menentang penyitaan tanah pemerintah Israel.


0 Komentar