Minggu, 22 April 2018 21:48 WIB

Wanita Tertua di Dunia asal Jepang Tutup Usia

Editor : Yusuf Ibrahim
Nabi Tajima. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Orang tertua di dunia, seorang wanita asal Jepang berusia 117 tahun, telah meninggal dunia di sebuah rumah sakit.

"Nabi Tajima meninggal karena usia lanjut di sebuah rumah sakit Sabtu malam di kota Kikai, Jepang selatan," kata pejabat kota Susumu Yoshiyuki.

Ia dirawat di rumah sakit sejak Januari lalu seperti dikutip dari AP, Minggu (22/04/2018).

Tajima, lahir pada 4 Agustus 1900, adalah orang terakhir yang diketahui lahir pada abad ke-19. Ia dilaporkan memiliki lebih dari 160 keturunan, termasuk cicit. Kota Kikai berada di prefektur Kagoshima di Kyushu, paling selatan dari empat pulau utama Jepang.

Ia menjadi orang tertua di dunia tujuh bulan yang lalu setelah kematian Violet Brown di Jamaika pada bulan September, juga pada usia 117 tahun.

Video yang ditampilkan di televisi Jepang menunjukkan Tajima menggerakkan tangannya saat mendengar irama musik yang dimainkan pada instrumen tradisional Jepang pada upacara untuk menandai keberhasilan.

Gerontology Research Group yang berbasis di AS mengatakan bahwa wanita Jepang lainnya, Chiyo Miyako, sekarang adalah orang tertua di dunia dalam catatannya. Miyako tinggal di selatan Tokyo di Prefektur Kanagawa, dan akan berulang tahun ke-117 dalam 10 hari.

Guinness World Records menyertifikasi Misiko Nonaka berusia 112 tahun dari Jepang utara sebagai manusia tertua di dunia awal bulan ini, dan berencana untuk mengakui Tajima sebagai orang tertua di dunia.(exe/ist)


0 Komentar