Sabtu, 05 Mei 2018 11:01 WIB

Gempa Hantam Hawaii, Menyebabkan Letusan Gunung Berapi Lebih Lanjut

Editor : Amri Syahputra

Hawaii, Tigapilarnews.com _ Gempa berkekuatan 6,9 mengguncang Pulau Hawaii pada hari Jumat, mendorong letusan gunung berapi baru dan memuntahkan lava dekat daerah pemukiman, memaksa ratusan orang mengungsi.

Survei Geologi AS mengatakan gempa terjadi pada pukul 12:32 siang (2232 GMT) dan berpusat di sisi selatan gunung berapi Kilauea, yang pertama kali meletus pada hari Kamis setelah serangkaian gempa di pulau itu.

Gempa tersebut menewaskan dua orang dan melukai 28 lainnya.

Gempa berkekuatan 5,7 SR lainnya menghantam pulau tersebut pada Jumat pagi dan pihak berwenang mengatakan mereka akan lebih banyak aktivitas seismik.

Gempa telah mendorong gunung berapi Kilauea, salah satu dari lima aktif di pulau itu, untuk meletus.

Rekaman Drone dan video menunjukkan magma oranye memancar dari retakan di tanah dan meliuk-liuk di daerah berhutan.

Lava cair juga bisa terlihat meluap melalui retakan di jalan-jalan di Leilani Estates dan Lanipuna Gardens lingkungan di mana penduduk diperintahkan untuk mengungsi pada hari Kamis.

Daerah ini memiliki sekitar 1.700 orang dan 770 bangunan. Distrik yang lebih luas berpotensi terkena ancaman adalah rumah bagi sekitar 10.000 orang.

Tidak ada cedera yang dilaporkan tetapi beberapa rumah dikatakan telah hancur atau rusak parah pada hari Jumat, kata pihak berwenang.

Para pejabat mendesak warga yang tersisa untuk mengungsi dan memperingatkan tingkat asap beracun yang sangat tinggi.

"Lansia, muda dan orang-orang dengan masalah pernafasan harus mematuhi perintah evakuasi wajib dan meninggalkan daerah itu," kata pernyataan dari kantor walikota.


0 Komentar