Jumat, 25 Mei 2018 16:45 WIB

Bandara Kertajati di Jawa Barat Mulai Beroperasi Secara Komersial Pada Bulan Juni

Editor : Amri Syahputra
Pekerja bandara dan petugas keamanan terlihat di lobi Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

Bandung, Tigapilarnews.com _ Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, akan membuka pintunya untuk umum pada bulan Juni pada waktunya bagi umat Islam di seluruh Indonesia untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka untuk Idul Fitri, menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher).

“Bandara ini akan digunakan untuk eksodus Idul Fitri; itu bisa digunakan untuk penerbangan apa saja, ”kata Aher, yang berada di bandara untuk menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mendarat di Kertajati dengan pesawat kepresidenan untuk menandai dimulainya operasinya.

Maskapai penerbangan murah Citilink, anak perusahaan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, akan menawarkan penerbangan komersial dari Kertajati ke Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Lion Air dan Wings Air juga menyatakan kesiapan mereka untuk terbang dari bandara.

Berbicara setelah peluncuran lunak Kertajati, Jokowi mengatakan bandara akan membantu meningkatkan ekonomi Jawa Barat.

Dia menambahkan bahwa pelabuhan internasional di Patimban, Subang, yang terletak 42 kilometer dari bandara, akan membantu mendukung bandara.

“Integrasi (antara bandara dan pelabuhan) diharapkan dapat membantu ekonomi Jawa Barat tumbuh lebih cepat,” katanya.

Presiden menyatakan harapannya bahwa bandara seluas 3.200 hektar itu juga akan menarik para investor ke provinsi itu.

"Jika kami mengembangkan fasilitas, investor akan datang," kata Jokowi.

Pembangunan Kertajati menelan biaya total Rp 1,3 triliun (US $ 91,52 juta), di mana Rp 900 miliar didanai oleh PT Jawa Barat yang dimiliki oleh PT Jawa Barat.

Dana yang tersisa berasal dari anggaran negara.


0 Komentar