Rabu, 30 Mei 2018 16:56 WIB

Jokowi Menyambut PM India Modi di Istana Merdeka

Editor : Amri Syahputra
Sebuah poster yang menampilkan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo menghiasi Istana Merdeka pada hari Selasa.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka di Jakarta pada kunjungan kenegaraan pertama ke Indonesia.

Kedua pemimpin memiliki tête-à-tête pada hari Rabu, sebelum mengadakan pertemuan bilateral, di mana mereka membahas kemitraan strategis negara mereka, termasuk masalah ekonomi dan pertahanan.

Berbicara saat pembukaan pertemuan bilateral, Jokowi mengatakan kunjungan Modi, yang juga menandai kunjungan perdana perdana India ke Indonesia, sangat tepat waktu, karena datang pada saat banyak ketidakpastian di dunia.

"Sudah saatnya bagi kita untuk memiliki kemitraan strategis yang komprehensif (dicirikan) oleh kerjasama konkret," kata Jokowi pada hari Rabu. "Kerja sama semacam itu dapat direalisasikan hanya dengan meningkatkan keterlibatan, termasuk di tingkat para pemimpin."

Jokowi melanjutkan dengan mengekspresikan harapannya bahwa Indonesia dan India, yang merayakan 70 tahun hubungan bilateral tahun depan, dapat semakin meningkatkan kemitraan yang berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas global.

Setelah pertemuan di Istana Merdeka, Jokowi dan Modi berangkat ke kompleks Monumen Nasional untuk meresmikan festival layang-layang yang diselenggarakan bersama oleh Museum Layang-Layang di Jakarta dan Museum Layang-layang Ahmedabad. Kedua pemimpin itu juga diharapkan mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

Volume perdagangan antara Indonesia dan India meningkat 28,7 persen pada 2017. Ekspor Indonesia mencapai US $ 14,08 miliar, termasuk dari minyak sawit dan batu bara, sementara impor bernilai $ 4,05 miliar.


0 Komentar