Jumat, 01 Juni 2018 16:01 WIB

Presiden Jokowi Ingin Pancasila Menjadi 'Cara Hidup Bangsa'

Editor : Amri Syahputra
Orang-orang di Blitar, Jawa Timur, membawa simbol ideologi negara Pancasila selama parade pada 31 Mei dalam rangka memperingati kelahiran Pancasila, yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Sebagai negara yang merayakan kelahiran Pancasila, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerukan negara untuk memperkuat kesatuan kolektif dan lebih lanjut menerapkan dan melestarikan ideologi negara Pancasila sebagai cara hidup bangsa.

Dalam sambutannya pada peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni, yang telah menjadi hari libur umum sejak tahun lalu, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia harus terus hidup dengan semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika sehingga Indonesia bisa tumbuh dan berkembang. bersaing dengan persaingan global.

Setiap negara di dunia telah melanjutkan proses menuju pengembangan bangsa yang hidup dalam keragaman, Jokowi mengatakan pada hari Jumat.

"Keanekaragaman sering dihantui oleh risiko intoleransi, perpecahan dan pengabaian terhadap gotong royong," kata Jokowi. "Sudah saatnya bagi kami untuk berbagi pengalaman kami dalam toleransi dan membangun persatuan di negara ini."

Jokowi juga mengungkapkan rasa terima kasih atas keberadaan Pancasila, diperkenalkan oleh bapak pendiri Soekarno, karena ia percaya bahwa Pancasila dapat mengatasi kesulitan dan berfungsi sebagai fondasi yang kuat bagi negara menuju pembangunan lebih lanjut.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan menghargai generasi muda, yang telah melestarikan pemahaman dan implementasi Pancasila dalam kehidupan masyarakat dan bangsa," katanya.


0 Komentar