Selasa, 26 Juni 2018 21:19 WIB

Luhut dan Kono Membahas Perkembangan Proyek-Proyek Jepang di Indonesia

Editor : Amri Syahputra
Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Menteri Koordinator Maritim Luhut Pandjaitan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono di kantornya di Jakarta pada hari Senin untuk membahas kemajuan beberapa proyek kerjasama antara kedua negara.

Luhut mengatakan selama pertemuan bahwa Kono menegaskan kembali komitmen negaranya untuk sejumlah proyek, termasuk proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, MRT di Jakarta dan proyek kereta api kecepatan menengah Jakarta-Surabaya dan proyek akuakultur di Natuna, Kepulauan Riau.

Kedua menteri juga berbicara tentang revisi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Jepang-Indonesia (IJEPA) dan beberapa proyek pendidikan kejuruan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di luar Jawa, kata Luhut.

Dia mengatakan pemerintah Jepang juga menyatakan minatnya untuk berinvestasi dalam proyek jalan tol trans-Sumatra, khususnya bagian Kayu Putih-Medan.

"Pemerintah Jepang telah membentuk kekuatan pajak untuk berkoordinasi dengan kami dalam menangani proyek-proyek," kata Luhut setelah pertemuan.

Dia mengatakan karena Jepang telah terlibat dalam banyak proyek strategis di negara ini, dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia mereka.

Untuk proyek pelabuhan Patimban, pemerintah mengatakan akan mengadakan rapat kabinet terbatas untuk membahas rencana untuk mengintegrasikan zona industri Bekasi, Karawang dan Purwakarta (Bekapur) di Jawa Barat.

“Jadi (di masa depan), output industri di zona industri Bekapur terintegrasi dapat dikirim dari Pelabuhan Patimban, tidak hanya pelabuhan ekonomi Tanjung Priok (di Jakarta Utara),” katanya.


0 Komentar