Minggu, 05 Agustus 2018 21:34 WIB

Laporan Rahasia PBB Soal Korea Utara Bocor ke Media, Apa Isinya?

Editor : A. Amir
Presiden Korea Utara Kim Jong Un

Pyongyang, Tigapilarnews.com - Sebuah laporan rahasia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tentang Korea Utara bocor ke media. Laporan yang dilihat Reuters pada Jumat 2 Agustus 2018 itu diserahkan kepada komite Dewan Keamanan PBB urusan sanksi terhadap Korea Utara.

Laporan itu disusun selama enam bulan oleh pakar pemantau, yang bertugas memantau penerapan sanksi PBB. Dalam laporan itu disebutkan Korea Utara belum menghentikan program nuklir dan peluru kendalinya.

“Korea Utara belum menghentikan program nuklir dan peluru kendalinya serta masih terus melawan perintah resolusi Dewan Keamanan melalui pemindahan produk minyak bumi secara terlarang dari kapal-ke-kapal, juga dengan melakukan pengiriman batu bara di lautan selama 2018,” kata pakar dalam laporan 149 halaman tersebut.

Kantor misi Korut untuk PBB tidak memenuhi permintaan untuk berkomentar soal laporan tersebut. Laporan PBB menyebutkan bahwa Korea Utara sedang bekerja sama secara militer dengan Suriah dan berupaya menjual persenjataan kepada kelompok Houthi Yaman.

Pyongyang juga melanggar larangan soal tekstil dengan mengekspor barang-barang senilai lebih dari 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,44 triliun) antara Oktober 2017 dan Maret 2018 ke China, Ghana, India, Meksiko, Sri Lanka, Thailand, Turki dan Uruguay, menurut laporan.

Laporan itu disampaikan pada saat Rusia dan China menyarankan agar Dewan Keamanan membahas pengurangan sanksi setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un bertemu untuk pertama kalinya pada Juni. Saat itu, Kim berjanji akan berupaya melakukan penghapusan senjata nuklir.

Amerika Serikat dan para anggota Dewan Keamanan lainnya mengatakan sanksi-sanksi harus diterapkan secara ketat sampai Pyongyang bertindak.

Dewan Keamanan telah secara sepakat menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara sejak 2016. Langkah itu diambil untuk menyumbat pendanaan program nuklir dan rudal balistik Pyongyang serta melarang berbagai ekspor, termasuk batu bara, besi, timbal, tekstil dan makanan laut. Sanksi juga diterapkan untuk membatasi impor minyak mentah dan produk-produk minyak bumi sulingan oleh Korea Utara.

Para pakar itu mengatakan “kerja sama militer terlarang dengan Suriah masih berlanjut”. Mereka mengatakan teknisi Korut, yang ikut menjalankan program peluru kendali balistik dan kegiatan lain, bertandang ke Suriah pada 2011, 2016 dan 2017.

Laporan kepada Dewan Keamanan PBB mengenai aktivitas Korut mengemuka setelah Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut, Kim Jong-un, bertemu di Singapura, Juni lalu.

Keduanya menyatakan bertekad bekerja menuju denuklirisasi. Bahkan, Trump menegaskan Korut "tak lagi menjadi ancaman nuklir".

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bahwa dirinya "optimistis" denuklirisasi Korea Utara bisa tercapai.

"Pekerjaan telah dimulai. Proses mencapai denuklirisasi Semenanjung [Korea] adalah sesuatu yang saya pikir kita semua ketahui akan perlu beberapa waktu".

Berbicara sebelum pertemuan ASEAN di Singapura, Pompeo menekankan bahwa penting mempertahankan "tekanan ekonomi dan diplomasi" terhadap Korut untuk mencapai "akhir denuklirisasi yang sepenuhnya diverifikasi".

Dia juga mengaku telah melihat laporan-laporan bahwa Rusia telah mengeluarkan perizinan agar warga Korut bisa bekerja di wilayahnya tanpa mengindahkan sanksi PBB.

"Saya ingin mengingatkan semua negara yang menyokong resolusi-resolusi ini bahwa ini adalah masalah serius dan sesuatu yang kami akan diskusikan dengan Moskow.

"Kami berharap Rusia dan semua negara mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB dan menguatkan sanksi terhadap Korea Utara," papar Pompeo.


0 Komentar