Selasa, 28 Agustus 2018 03:11 WIB

KPK: Ada Pejabat Minta Tiket Gratis Asian Games 2018

Editor : A. Amir
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat informasi soal adanya pejabat yang diduga minta tiket Asian Games 2018 secara gratis. KPK menyebut itu bertentangan dengan hukum. Itu disampaikan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/8/2018).

"KPK menerima sejumlah informasi adanya oknum pejabat yang menerima pemberian tiket, bahkan minta tiket untuk menonton pertandingan. Kami ingatkan, hal tersebut tidak diperkenankan oleh aturan hukum yang berlaku," Imbuh Febri. 

Febri meminta para pejabat tersebut melaporkan penerimaan tiket Asian Games secara gratis itu ke Direktorat Gratifikasi KPK. Pelaporan bisa dilakukan secara online lewat gol.kpk.go.id.

"Jika ada pejabat yang menerima tiket menonton pertandingan Asian Games 2018, kecuali undangan yang bersifat resmi, seperti undangan pembukaan yang sudah dilakukan, sesuai dengan ketentuan di Pasal 16 UU KPK, gratifikasi tersebut wajib dilaporkan," kata Febri.

"Gratifikasi menurut penjelasan Pasal 12 B UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi berarti pemberian dalam arti luas, yang mencakup uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya," ucap Febri.

Namun Febri enggan menjelaskan siapa pejabat yang dimaksud. Febri juga tak menyebut apakah pejabat tersebut meminta tiket secara langsung kepada Inasgoc selaku penyelenggara atau kepada pihak lain yang mendapat alokasi kursi untuk menonton di venue.


0 Komentar