Rabu, 12 September 2018 14:07 WIB

Anies Berikan Empat Pesan Utama Untuk Kepala Sekolah

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dinas Pendidikan DKI Jakarta merotasi dan mempromosikan 721 jabatan kepala sekolah di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berpesan agar kepala sekolah yang dilantik tersebut bisa mengemban tugas ini dengan baik. 

"Bapak-Ibu, tolong dipandang tugas sebagai Kepala Sekolah lebih dari sekadar tugas administrasi atau tugas tambahan sebagai guru. Tapi, tolong dipahami sebagai sebuah amanat dari bangsa, dari negara kepada Ibu dan Bapak untuk mendidik anak-anak kita agar kelak mereka bisa meraih apa yang dicita-citakan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan empat pesan utama yang diharapkan mampu hadir di setiap institusi pendidikan negeri di Jakarta. Pesan pertama adalah sekolah harus menjadi ekosistem pendidikan yang subur agar benih-benih terbaik mampu tumbuh.

"Jangan pernah lagi menggunakan kata membentuk, tapi menumbuhkan. Jangan bentuk karakter anak-anak tapi tumbuhkan karakter anak-anak. Begitu kita berpikir membentuk, maka sudah ada dalam mindset kita untuk mau atur, geser, semau kita. Tapi kalau kita bicara menumbuhkan, maka kita buat suasana sehingga mereka bisa tumbuh sesuai dengan potensi dan bakatnya," terangnya.

Mantan Mendikbud itu kemudian memberikan pesan kedua bagi Kepala Sekolah untuk berperan tidak sekadar pemegang otoritas, melainkan sebagai pemimpin yang mampu bersahabat dan menggerakkan melalui teladan. 

Pesan ketiga yaitu perlu dibangun suasana menyenangkan di sekolah agar prestasi dapat tercapai.

"Saya kalau datang lihat sebuah sekolah, maka nomor satu adalah lihat suasananya. Indikatornya sederhana. Anak-anak itu datang ke sekolah dengan senang hati, berada di sekolah senang hati. Kalau pulang sekolah, baru berat hati. Jangan terbalik bahwa datang ke sekolah berat hati, berada di sekolah berat hati, pulang dari sekolah senang hati, maka ada masalah di sekolah ini," imbau Anies.

Para Kepala Sekolah baru dan Kepala PKBM Negeri di Jakarta juga diimbau membangun hubungan baik dengan orang tua dan dengan lingkungan sekitar. Anies menuturkan sekolah harus terhubung dengan lingkungannya melalui kegiatan-kegiatan yang menjadikan peserta didik bagian dari komunitas masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bowo Irianto melantik 721 Kepala Sekolah baru di Auditorium Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Senin 10 September 2018. 

Rotasi dan promosi Kepala Sekolah dilaksanakan dalam rangka penyegaran penugasan/perpindahan, dan pengisian kekosongan formasi Kepala Sekolah, Kepala TPA, dan Kepala PKBM Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang disebabkan pejabat sebelumnya pensiun, berhenti, dan/atau meninggal dunia.(exe/ist)

Berikut data 721 Kepala Sekolah yang dilantik hari ini, yang terdiri dari:
1.    Kepala TK Negeri     =   32 orang
2.    Kepala SD Negeri     = 512 orang
3.    Kepala SMP Negeri  =   92 orang
4.    Kepala SMA Negeri  =   47 orang
5.    Kepala SMK Negeri  =   17 orang
6.    Kepala SLB Negeri   =     4 orang
7.    Kepala TPA Negeri   =     2 orang
8.    Kepala PKBM Negeri   =   11 orang

Sementara berikut rincian 220 orang pejabat yang mendapat promosi:
1.    Kepala TK Negeri     =   32 orang
2.    Kepala SD Negeri     = 128 orang
3.    Kepala SMP Negeri  =   36 orang
4.    Kepala SMK Negeri  =     9 orang
5.    Kepala SMA Negeri  =     3 orang
6.    Kepala SLB Negeri   =     1 orang
7.    Kepala TPA Negeri   =     2 orang
8.    Kepala PKBM Negeri   =     9 orang


0 Komentar