Rabu, 26 Desember 2018 13:20 WIB

TKN Dukung Langkah Jokowi ke BMKG soal Alat Pendeteksi Dini Tsunami

Editor : Eggi Paksha
Jokowi mendatangi posko pengungsian. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnes.com- Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Ahmad Rofiq mengaku, pihaknya mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengintruksikan kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk membeli alat pendeteksi dini bencana tsunami.

"Karena negara indonesia ini kan negara ring of fire. Jadi sangat rawan terhadap bencana," ujar Rofiq, Rabu (26/12/2018).

Menurut Rofiq, instruksi Presiden Jokowi tersebut sangat tepat melihat kondisi Indonesia yang dikelilingi lautan. Sehingga, alat-alat yang terkait mitigasi bencana harus dilengkapi agar masyarakat bisa mengantisipasi termasuk untuk menghindari korban yang cukup besar akibat bencana.

Rofiq mengatakan, selain membeli alat pendeteksi dini bencana tsunami, masyarakat juga perlu diberikan edukasi tentang potensi bencana yang sulit diprediksi. Setidaknya, edukasi bisa disampaikan kepada masyarakat tentang bagaimana cara mengetahui tanda-tanda bencana.

"(Edukasi) itu juga menjadi variabel yang cukup penting di luar dengan (pembelian) alat ya," kata Sekjen DPP Partai Perindo itu menekankan.(sndo)


0 Komentar