Jumat, 16 Agustus 2019 15:56 WIB

Juara di China Jadi Kado HUT RI ke-74 dari IJSL Cipta Cendikia

Editor : Yusuf Ibrahim
IJSL Cipta Cendikia sukses mempertahankan gelar. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilanews.com- Tim Indonesia Junior Soccer League (IJSL) Cipta Cendikia kembali memcicipi gelar di negeri orang.
 
Sejarah sepak bola mampu diukir lantaran tim IJSL Cipta Cendikia berhasil menjadi juara Gothia Cup China 2019. HalHal tersebut setelah mengalahkan TTC FC dengan skor 8-1 Final di Baishawan Park Qindao, Jumat (16/08/2019) pagi.
 
Gelar semakin lengkap Ketika Mokhamad Hanif  berhasil menyabet Most Valuable Player (MVP). Selain itu, tim IJSL Cipta Cendikia mendapatkan penghargaan khusus dari wasit Gothia Cup China sebagai team Fair Play. Pembina IJSL Cipta Cendikia, Syamsu Djalal, mengaku bangga akan catatan tersebut. Terlebih, didapat jelang ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus 2019.
 
“Apa yang diraih para pemain ini menjadi kado yang indah. Sangat luar biasa. Ini adalah sebuah kejutan dari kerja keras pemain. Kami harap ini menjadi motivasi juga untuk banyak pihak lainnya agar bisa berprestasi membanggakan Indonesia di kancah dunia,” terangnya.
Lebih jauh ditambahkan Bob Hippy, yang juga pembina IJSL Cipta Cendikia, jika sejak awal keberangkatan tim ini diharapkan agar para pemain dapat belajar lebih jauh tentang membangun kekompakan dan sekaligus menimba pengalaman setelah bertanding dengan tim dari negara-negara lain di turnamen ini.
 
“Ini juga menjadi buah kerja keras para pembina di kelompok umur, sepak bola akar rumput, dan kami juga berusaha terus komitmen. Kami akan terus  mengakomodir talenta muda pesepakbola Indonesia dengan memutar kompetisi reguler yang selama ini digadang-gadang seluruh publik sepakbola nasional,” imbuhnya.
 
Hal senada disampaikan pelatih Asep Padian dan Gilang Ramadhan. Tim IJSL Cipta Cendikia yang berada di Grup 7 berhasil menjadi juara Grup.
 
Hendra Harsono, selaku Ketua IJSL, yakni supaya kualitas pemain muda kita semakin baik, maka di antaranya harus dikirim  ke luar negeri. Apalagi, dalam pandangannya, kemampuan bermain seorang pesepakbola tak hanya dibentuk instan atau selama beberapa bulan.
 
“Kemampuan mereka dibentuk dari serangkaian latihan keras dan pengalaman bertanding selama bertahun-tahun. Proses panjang inilah, yang pada akhirnya membentuk seorang pemain menjadi pemain berkualitas, dengan level konsistensi relatif awet tidak instan. Ibarat buah, mereka matang secara alami, bukan hasil karbit, karena melewati proses yang semestinya,” pungkasnya.
 
Sebelumnya, IJSL Cipta Cendekia berhasil menjuarai Gothia Cup China 2018 setelah mengalahkan wakil Korea Selatan A One FC dengan skor 4-2 di Lapangan Tian He, Qingdao, Sabtu (18/8). Ji Dabin menjadi pahlawan bagi tim racikan Asep Padian itu setelah mencetak dua gol. Dua gol lainnya disumbangkan oleh Ashari dan David Villa. 
 
Gelar semakin sempurna karena IJSL juga menempatkan Fazri Arisandi sebagai pemain terbaik. IJSL sendiri berisi pemain hasil seleksi tim T-Eleven, mantan penggawa timnas Dede Sulaiman, dan Berthi Tutuarima. Dalam event itu, IJSL mengirim 16 pemain terbaik kategori U-12 di bawah racikan Asep dan Direktur Kompetisi Dede Supriyadi.(exe)

0 Komentar