Minggu, 08 Desember 2019 18:04 WIB

Dodi Reza Tegaskan Terus Gelar Event Balap Internasional di Skyland International Circuit

Editor : Yusuf Ibrahim
Dodi Reza akrab bersama masyarakat. (foro Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, sukses merampungkan dua gelaran even balap internasional.

Dimulai dari Asia Auto Muba Gymkhana, Minggu (8/12) dan Muba Internasional Supermoto Cup 2019. Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, mengungkapkan bakal terus menggelar event balap internasional di Skyland International Circuit. 

Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik Indonesia ini, di antaranya berencana menggarap event balap One Prix pada 2020 mendatang dengan menyiarkan secara langsung di stasiun televisi swasta.

“Even-even seperti ini semata-mata untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Muba, dan menggaungkan Muba sebagai sport tourism di tingkat internasional,” katanya.
 
Ia menambahkan, even skala internasional seperti Asia Gymkhana dan Supermoto akan tetap berlanjut digelar di sirkuit internasional Skyland Muba pada 2020 mendatang. “Muba sudah sangat dipercaya menjadi tuan rumah pada dua event tersebut, dan tahun 2020 pelaksanaan dua even itu akan tetap berlanjut di sirkuit Skyland Muba,” ucapnya.
 
Dikatakannya lagi, Muba bertindak sebagai tuan rumah tidak hanya fokus pada penyediaan sarana dan prasarana serta fasilitas peserta saja, namun kenyamanan audiens atau penonton dari berbagai kota dan daerah juga menjadi prioritas.
 
“Sudah beberapa kali even balap kami gratiskan tiket masuknya, lebih lagi disiapkan pula angkutan bus gratis untuk menjemput penonton datang ke sirkuit. Kami ingin penonton senang dan nyaman saat menyaksikan event-event di Muba,” ungkapnya.
 
Image gallery
 
Sedangkan Ketua Panitia Pusat Muba Internasional Supermoto Cup 2019, Siswanto Budi, mengatakan trek sirkuit Skyland internasional Muba berskala internasional dan bisa dipakai untuk menyelenggarakan kegiatan kejuaraan tingkat dunia. “Sirkuit ini di desain berskala internasional dengan panjang 1.5 km, 1.15 km di antaranya aspal dan 350 meter sisanya trek tanah liat,” ungkapnya.
 
Dijelaskan Budi, 18 pembalap dari 10 negara memberikan respon yang baik dengan lintasan yang ada di sirkuit Skyland Internasional Muba tersebut.
 
“Kejuaraan Supermoto biasanya diselenggarakan di Asia seadanya dengan memanfaatkan jalan, parkiran stadion. Kebayakan sirkuit ada di Eropa, namun Muba dinggap serius mempersiapkan kejuaraan karena memiliki sirkuit permanen,” ujarnya.
 
Budi yang juga Ketua Panitia Pusat Muba Auto Gymkhana Cup 2019, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba Dodi Reza dan seluruh warga Muba yang sangat sukses menjadi tuan rumah yang baik.
 
Muba memang surganya pecinta olahraga, khususnya pecinta otomotif. Bangga bisa menggelar dan menyukseskan event balap internasional di sirkuit Skyland Muba,” ungkapnya.
 
Menurutnya, event Asia Gymkhana dan Supermoto sangat pas dan pantas digelar di Skyland Muba. “Tidak hanya dukungan warga, kenyamanan melaksanakan event balap di Muba ini juga karena sarpras dan fasilitas yang lengkap dan sangat menunjang untuk level internasional,” bebernya.
 
Dilanjutkan Plt Kadispopar Muba, Muhammad Fariz, saat ini pihak pemerintah masih fokus memaksimalkan fungsi dari sirkuit Skyland Internasional agar aktif menggelar kegiatan kejuaraan.
 
“Yang bilang ini sirkuit terbaik adalah para pembalap. Tugas kita memanfaatkan sirkuit ini, agar selalu melakukan kejuaraan untuk pembinaan atlet-atlet muda asal Indonesia terkhusus Muba,” pungkasnya.
 
Sebagai catatan, juara Muba Internasional Supermoto Cup 2019 di Internasional Class dengan catatan waktu tercepat yakni pembalap asal Inggris Lewis Cornish (18 lap 22:05.937), pembalap Malaysia Muhammad Habibullah bin Mohd (18 lap 22:10.516), pebalap Malaysia Mohammad Khairi bin Zakaria (18 lap 22:26.253), pembalap Indonesia Farudila Adam (18 lap 22:43.753), dan pembalap Malaysia Mohammad Khuzaini bin Mahmood (22:45.228).(exe)

0 Komentar