Jumat, 27 Desember 2019 11:32 WIB

Film Produksi Disney Kuasai Box Office Dunia

Editor : Eggi Paksha
Frozen 2. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Box office 2019 didominasi film-film produksi Disney. Dari 10 film terlaris sepanjang tahun ini, 8 di antaranya adalah produksi Mouse House tersebut.

Selain itu, Disney juga menjadi studio pertama dalam sejarah yang pencapaiannya melampaui USD10 miliar di box office. Ini membuktikan bahwa mereka adalah sebuah kekuatan besar di industri film.

Dikutip dari Screen Rant, 80% film terlaris tahun ini adalah produksi Disney. Film-film itu antara lain Captain Marvel, Avengers: Endgame, Toy Story 4, Frozen 2, Aladdin, The Lion King, Star Wars: The Rise of Skywalker dan Spider-Man: Far From Home yang merupakan produksi bersama Disney dan Sony.

Yang cukup menarik, ucapan semua yang masuk franchise atau dirancang untuk berpotensi memulai franchise menggemakan bagaimana Disney memulai dekade ini dengan dua pembelian kunci, yaitu Marvel Entertainment pada 2009 dan Lucasfilm pada 2012.

Kedua pembelian itu jelas memberikan imbalan besar bagi Disney. Marvel Studios telah menghasilkan lebih dari USD28 miliar di box office. Sementara, Star Wars meraup keuntungan besar dengan serial The Mandalorian di Disney+.
 

“Kami tidak malu dengan fakta bahwa kami punya film blockbuster besar yang dinikmati orang. Jika kalian melihat kesuksesan box office, itu adalah indikator betapa populernya dan bagimana film-film ini merangkul audiens nyata,” papar Kepala Produksi Langsung-ke-Pelanggan Disney Kevin Mayer.

Rekor 2019 Disney ini melampaui rekor mereka pada 2016. Saat itu, mereka memproduksi 50% film terlaris di dunia. Komentar Kevin itu memang akurat, dengan mempertimbangkan bahwa Disney memang memiliki sejumlah franchise terbesar di dunia pada saat ini.

Tidak hanya franchise-franchise ini disukai banyak orang, tapi angka pemecah rekor box office mereka adalah tanda bahwa mereka tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Meskipun tahun depan film Disney tidak sebanyak yang diantisipasi orang karena akhir franchise besar telah dirilis tahun ini, serial di Disney+ sudah terlihat akan lebih sukses di tahun baru.

Tahun ini memang seperti menjadi tahunnya Disney. Tidak hanya mendominasi box office, Mouse House juga menjadi bahan obrolan setelah merilis layanan streaming Disney+. Hanya dalam waktu lima hari pertama, layanan ini langsung mendapatkan 15 juta pelanggan. Selain itu, mereka juga memproduksi 6 film yang meraup lebih dari USD1 miliar di box office tahun ini.

Angka pendapatan Disney mungkin akan bertambah tahun depan seiring dengan akuisisi 20th Century Fox tahun ini. Akuisisi ini membuat perpustakaan Disney+ bertambah.

Karena akuisisi ini pula, franchise seperti X-Men dan Fantastic Four kembali ke bawah payung Marvel. Akuisisi ini juga terjadi di saat yang tepat karena Marvel sedang memperluas semesta sinematik mereka dengan lebih banyak serial dan film untuk layanan streaming.

Dominasi box office Disney saat ini memberikan tanda yang sangat bagus bagi masa depan perusahaan itu. Namun, ini juga menimbulkan pertanyaan seperti apakah sinema di tahun-tahun mendatang.

Dengan mempertimbangkan proyek reboot dan sekuel Disney, akan menarik melihat seberapa lama itu akan berlangsung. Banyak pecinta film mencari cerita asli dan cerita asli dari perusahan produksi lain bisa mendapatkan sorotan ketika Disney terus mengambil panggung utama sinema.(ist)


0 Komentar