Selasa, 14 April 2020 22:47 WIB

Darurat, MSBI Minta Jokowi Segera Ambil Alih PSSI

Editor : Eggi Paksha
Ketum MSBI, Sarman. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kursi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kini masih kosong usai Ratu Tisha Desria "terdepak".
 
Sejatinya, publik kini menunggu langkah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam mencari siapa pengganti Tisha. Apakah dengan mekanisme penunjukkan langsung, atau akan dilelang.
 
Hanya saja, Masyarakat Sepak Bola Seluruh Indonesia (MSBI) justru tidak tertarik mengulas sisi tersebut. Itu lantaran dinilai ada masalah besar yang terjadi dan penting dibereskan daripada sebatas menilik siapa yang cocok mengisi jabatan Sekjen.
 
Pasalnya, MSBI tidak melihat persoalan sederhana seperti yang kini muncul dipermukaan. Karena itu, MSBI sangat mengharapkan supaya  Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera turun tangan mengatasinya. Tidak tanggung-tanggung, Jokowi diimbau memberikan arahan kepada Menpora Zainudin Amali untuk memperbaiki PSSI secara menyeluruh.
 
"Harus digelar pemilihan ulang yang baik. Diperbaiki secara menyuruh. Sebab, penyakitnya bukan hanya di Sekjen, tapi kepengurusan sekarang juga mengulangi kesalahan yang sama," ungkap Ketum MSBI, Sarman El Hakim.
 
Misalnya saja, diutarakan Sarman, Cucu Sumantri selaku Wakil Ketua Umum tapi sekaligus Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB).
 
 "Bisa dilihat dan nilai sendiri, apa bedanya dengan kepengurusan yang sebelumnya. Tentu ini menggangu laporan dan pengawasan. Kita tidak akan bisa maju dan berprestasi kalau seperti ini," imbuh pejuang sepak bola Indonesia tersebut.
 
Lebih jauh, Sarman mengungkapkan adanya konflik besar yang terjadi di internal PSSI. Apa yang terlihat, dilanjutkannya, tidak seperti yang diketahui publik secara umum. 
 
Misalnya saja sebelumnya, Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin, mengkritik kinerja Tisha dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi X DPR RI dengan PSSI, Rabu (8/4/2020). Djohar mengeluarkan unek-uneknya kepada Ibul/Iwan Bule- panggilan Mochamad Iriawan- tentang sikap buruk Tisha.
 
 
"Kalau persoalan dengan Djohar (anggota DPR), itu  hanya momentum saja. Seakan-akan, itu sebagai penyebab Tisha malu dan mundur, tapi sebenarnya bukan," tegas sosok yang kerap mengampanyekan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia di berbagai negara sekaligus dengan tokoh-tokoh dunia tersebut.
 
"Indonesia kan sedang bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Tapi sekarang, kesiapannya masih jauh dari seharusnya. Saya menilai Tisha justru main aman karena ada persoalan serius. Selain itu, kinerjanya juga tidak bagus, tidak ada prestasinya, bahkan peringkat kita disalip Timor Leste," pungkasnya.(exe)

0 Komentar