Selasa, 30 Juni 2020 12:18 WIB

Jokowi Minta Terus Belanja Agar Peredaran Uang di Masyarakat Semakin Banyak

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi uang rupiah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku memantau ketat penyerapan anggaran di setiap kementerian/lembaga.

Dia mengaku memantau serapan anggaran tersebut setiap harinya. Bahkan, dia tidak segan menegur langsung menteri maupun kepala lembaga yang serapan anggarannya tidak maksimal.

“Saya pantau setiap hari. Saya sekarang tahu setiap hari kementerian ini sudah keluar berapa persen, lembaga ini sudah keluar berapa persen. Kalau masih rendah, saya telepon langsung, tegur langsung menterinya atau kepala lembaganya,” tandas Jokowi saat kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (30/6/2020).

Dia juga mengaku telah memerintahkan agar setiap kementerian/lembaga segera membelanjakan anggarannya. Hal ini dilakukan agar uang dapat beredar di masyarakat. “Jangan kita biarkan uang yang beredar ini semakin kering atau semakin sedikit. Harus terus belanja-belanja itu kita dorong agar peredaran uang yang ada di masyarakat semakin banyak,” ujarnya.

Seperti diketahui salah satu kementerian yang disoroti serapan anggarannya adalah Kementerian Kesehatan. Di mana pada sidang kabinet tanggal 18 Juni 2020, Jokowi menyebut serapan anggaran di Kementerian Kesehatan masih di angka 1,53% dari total anggaran Rp75 triliun.(ist)


0 Komentar