Senin, 03 Agustus 2020 19:19 WIB

Angka Kematian Corona Disebut Tertinggi pada Kelompok Usia di Atas 60 Tahun

Editor : Eggi Paksha
Virus corona. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (virus Corona), Dewi Nur Aisyah mengatakan, angka kematian Corona tertinggi pada kelompok usia di atas 60 tahun atau lanjut usia.

Di mana dari kasus kematian Covid-19 di Tanah Air sebanyak 16% adalah dari kelompok usia diatas 60 tahun. "Kalau berdasarkan data bagi pasien-pasien Covid-19 yang ada di Indonesia ini kita hitung resikonya dan ternyata mereka yang berusia di atas 60 tahun dan mereka yang terinfeksi Covid 16% dari mereka meninggal," kata Dewi di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (3/8/2020).


Artinya apa? Dewi pun menjelaskan, jika ada 160 orang kelompok usia diatas 60 tahun mereka terinfeksi Covid-19, maka 16 orang di antara kelompok ini meninggal. "Ini yang paling tinggi di usia ini yang memang sangat berisiko," ucapnya.

Sedangkan peringkat yang kedua, kata Dewi yang berusia di antara 46 sampai 59 tahun sekitar 7,64%. "Ini bahkan setengahnya dari risiko pertama. Jadi kita harus hati-hati terhadap kelompok rentan ini," tegas Dewi.


"Kadang kita merasa kita sehat, biasa aja kita jalan-jalan ke mana-mana tapi ternyata ketika ketemu kita ketemu ayah ibu kita atau kita ketemu dengan kakek nenek kita yang kondisinya tidak sesehat kita yang masih muda," tambah Dewi.

Dewi mengingatkan kepada kelompok usia produktif yang saat ini tercatat banyak terpapar kasus Covid-19, untuk berhati-hati menularkan kepada kelompok usia rentan di atas 60 tahun.(ist)


0 Komentar