Rabu, 05 Agustus 2020 16:50 WIB

Petani Didorong Budidaya Porang

Editor : Eggi Paksha
Petani tengah memanen porang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, mendorong petani membudidayakan tanaman porang.

Musababnya, tanaman ini sangat diminati pasar ekspor sehingga diyakini akan mampu meningkatkan perekonomian petani. Kementerian Pertanian (Kementan) sendiri diketahui terus menggenjot upaya penanaman porang di sejumlah daerah, termasuk di Sulsel. Khusus di Bulukumba, penanaman porang pun sudah dilakukan. Bahkan, ikut dikawal oleh Kodim 1411/Bulukumba.

"Mewakili Pemda Bulukumba, kami sangat mengapresiasi program yang dijalankan Kodim 1411/Bulukumba dalam pembudidayaan tanaman porang," kata Sukri di sela penanaman porang dan panen raya jagung di Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, Rabu (5/8/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati Sukri hadir bersama Dandim 1411/Bulukumba, Letkol Arm Joko Triyanto. Orang nomor satu di Bulukumba itu sekaligus meminta dinas pertanian mengevaluasi tanaman jagung, khususnya dalam upaya meningkatkan hasil produksi.

Sukri juga menekankan sinergitas antara dinas pertanian dan Kodim 1411/Bulukumba mesti tetap terjaga. Hal itu sebagai upaya peningkatan hasil produksi di bidang pertanian.

"Selamat dan sukses kepada Dandim 1411/Bulukumba dan jajarannya sehingga panen jagung dan tanam porang bisa terlaksana. Teruslah menjadi motivator bagi para petani di Kabupaten Bulukumba," tutup dia.

Sementara itu, Dandim 1411/Bulukumba, Letkol Arm Joko Triyanto, mengaku bersyukur dengan terselenggaranya acara tersebut dengan lancar. Kegiatan penanaman porang tersebut diakuinya tak lain merupakan petunjuk dari atasan.

"Perlu kami sampaikan bahwa porang saat ini adalah tanaman yang viral dan memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi sebagai bahan baku berbagai makanan," tutur Joko.

Ia berharap, hasil panen jagung saat ini bisa membantu segenap masyarakat yang terdampak COVID-19 secara ekonomi.


0 Komentar