Jumat, 21 Agustus 2020 15:01 WIB

Perhatikan Porsinya, Kacang Tanah dan Selai Kacang Aman bagi Penderita Diabetes

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi cemilan kacang tanah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Diabetes menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Tidak hanya di kalangan lansia, juga pada remaja dan anak-anak.

Cara terbaik untuk mengelola diabetes adalah dengan makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Meskipun beberapa orang mungkin memerlukan suntikan insulin atau obat untuk mengontrol kadar gula darah mereka, diet bersih dan gaya hidup aktif dapat bermanfaat bagi mereka dalam jangka panjang.

Bicara soal makanan, bagaimana dengan kacang tanah, apakah baik untuk penderita diabetes? Seperti dilansir Times of India, kacang tanah merupakan salah satu camilan yang menyehatkan, namun penederita diabetes sering dibingungkan untuk mengkonsumsi cemilah sehat ini.

Kacang tanah terkait dengan kacang-kacangan, lentil, kedelai dan lainnya. Meskipun beberapa kacang tanah mengandung karbohidrat yang dianggap buruk bagi penderita diabetes, tetapi tidak semua karbohidrat itu buruk.

Kacang tanah memiliki karbohidrat baik yang tidak mempengaruhi kadar gula darah Anda secara negatif. Menurut Dewan Kacang Tanah Nasional, penderita diabetes harus memasukkan kacang tanah dan selai kacang dalam makanan mereka untuk mengelola diabetes, asalkan mereka tidak alergi terhadap kacang.

Kacang tanah dan selai kacang memiliki indeks glikemik rendah, yang membuatnya sangat aman bagi penderita diabetes. Namun, perhatikan porsinya. Selalu makan segenggam kacang, tapi tidak berlebihan.

Salah satu olahan kacang yang bisa Anda nikmati adalah sandwich selai kacang. Selai kacang memiliki lemak sehat dan bagus untuk penderita diabetes. Anda dapat menambahkan selai kacang ke dalam shake, smoothie, atau membuat sandwich menggunakan roti multigrain.(ist)


0 Komentar