Jumat, 06 November 2020 20:23 WIB

Dunia Konstruksi Kehilangan Putra Terbaiknya, Penemu Konstruksi Sarang Laba-Laba

Editor : A. Amir
Rest In Peace Ir. Ryantori

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Telah meninggal dunia Ir. Ryantori seorang penemu / inventor dibidang Konstruksi Sarang Laba Laba (KSLL). Pria kelahiran Surabaya dan alumni Institut Teknologi November (ITS) Surabaya. Dalam dunia konstruksi, namanya sudah tidak asing lagi. Tidak diceritakan penyebab meninggal Ir. Ryantori dan hanya diinformasikan dari kawan Almarhum yang bernama Eko Indra Wahyudi.

Seperti diketahui KSLL merupakan konstruksi komposit antara beton bertulang dan tanah. Namun memiliki kemampuan jauh di atasnya. Karena tidak memikul beratnya sendiri, namun begitu ada gaya horizontal maka massa tanah akan bekerja. Sehingga membuat lantai dasar menjadi satu kesatuan. Pada saat gempa besar, permukaan bumi bergolak seperti badai, dan gedung yang menggunakan Sarang Laba-Laba akan bergerak selayaknya kapal di atas lautan.

Itulah sekelumit tentang KSLL dan Ir. Ryantori sepanjang sisa hidupnya memperjuangkan haknya dan malah dijadikan tersangka atas tuduhan menjiplak temuannya sendiri.

Selamat jalan Ir. Ryantori, namamu akan dikenang selalu dalam dunia konstruksi dan sekaligus sebagai penemu Konstruksi Sarang Laba Laba.


0 Komentar