Selasa, 15 Desember 2020 07:00 WIB

Membangun Generasi Tangguh & Kreatif di Era New Normal

Editor : A. Amir
WISUDA VIRTUAL USAHID ke 44 T.A 2019/ 2020 Sabtu. 12 Desember 2020.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Setelah sukses menggelar wisuda secara drive thru pada Sabtu, 5 Desember 2020 lalu, Universitas Sahid Jakarta kembali menggelar Wisuda secara virtual pada Sabtu, 12 Desember 2020.

Wisuda Virtual merupakan bagian kesatuan dari Wisuda ke-44 Usahid khusus untuk wisudawan yang tinggal diluar negeri dan luar pulau Jawa. Situasi pandemic saat ini menjadikan wisuda virtual sebagai alternatif untuk tetap merayakan manisnya buah perjuangan Pendidikan.

Wisuda Usahid ke-44 yang mengangkat tema Membangun Generasi Tangguh & Kreatif diEra New Normal ini, punya keunikan tersendiri karena dilaksanakan secara drive thru dan virtual. Universitas Sahid merupakan kampus pertama yang menyelenggarakan sekaligus wisuda drive thru dan wisuda virtual. Wisuda dengan model seperti ini menjadi sejarah baru bagi Universitas Sahid. Wisuda drive thru sudah dilaksanakan pada Sabtu, 5 Desember 2020 diikuti oleh 209 wisudawan. Sedangkan wisuda secara virtual diikuti oleh 81 wisudawan, yang terdiri dari 1 orang dari program Doktor Ilmu Komunikasi\(S3\); 27 orang dari program Magister \ (S2\); 16 orang dari Fakultas Ekonomi & Bisnis; 22 orang dari Fakultas Ilmu Komunikasi; 5 orang dari Fakultas Teknik; 9 orang dari Fakultas Teknologi Pangan & Kesehatan;dan 1 orang dari Fakutas Hukum. Para wisudawan menggunakan link zoom meeting dan youtube live streaming untuk mengikuti wisuda virtual.

Pelaksanaan wisuda virtual juga menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda, seperti senat dan panitia yang ada dilokasi harus mengikuti protocol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta diukur suhu tubuhnya.

Dalam proses iwisuda vitual,wisudawan dan kedua orangtua atau pasangan membuat video pindah kuncir toga yang akan ditayangkan lewat zoom dan youtube live saat pemanggilan nama masing-masing wisudawan disaksikan Rektor dan Direktur Pascasarjana/Dekan masing-masing fakultas.

Hadir dan memberikan sambutan secara virtual dalam wisuda ini,

  • Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI - Prof.Dr AgusSetyo Budi,MSc;
  • Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya - Dra.SB.Wiryanti Sukamdani, CHA.;
  • Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya - Prof.Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.
  • Rektor Universitas Sahid Jakarta - Prof.Dr.Ir.Kholil,M.Kom dalam Laporannya di Sidang Terbuka Senat, menyampaikan bahwa sejak bulan Maret 2020 semua kegiatan akademik di Universitas Sahid dilakukan secara online/ distance learning melalui adaptasi face-to face live session dengan dukungan teknologi digital. Hal ini menjadi bukti terhadap prioritas menjaga keselamatan civitas akademika Universitas Sahid.

Meskipun demikian semangat dan kualitas akademik tetap terjaga, karena seluruh proses akademik melalui standarisasi dan quality assurance yang telah ditetapkan. Justru disaat seperti inilah creativitas dan inovasi para dosen muncul, kegiatan akademik tidak hanya dilakukan melalui adaptasi face-to face dengan system online tetapi juga dilakukan diskusi ilmiah secara virtual melalui webinar dengan menghadirkan para tokoh,baik tokoh akademisi, praktisi maupun pengambil kebijakan sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang lebih luas dan memahami dunia riil yang akan dihadapi.

Untuk mendukung kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar telah dilakukan curriculum development dan telah dirancang "system merdeka belajar secara terprogram" yang merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah. Sistem ini akan memungkinkan mahasiswa memiliki pengalaman diluar kampus yang sangat diperlukan ketika lulus dan terjun kedunia industry atau masyarakat.

Pada kesempatan ini disampaikan pula beberapa prestasi yang telah dicapai USAHID setahun belakangan ini, diantaranya adalah telah diterbitkan 21 paper pada jurnal internasional bereputasi dan terindeks, 17 jurnal nasional terindek, dan 11 proceeding pada temu ilmiah nasional dan internasional, serta 7 HAKI, serta  5 judul buku yang telah diterbitkan ber ISBN.

Ungkapan kebahagiaan dalam Wisuda virtual Usahid kali ini terasa istimewa, diantaranya Kesan Pesan yang disampaikan oleh wisudawan yang sekeluarga terkena covid-19, kesedihan ditinggal ayahanda tercinta, perjuangan untuk sembuh, dan pesan untuk selalu menjaga Kesehatan.

Keistimewaan yang lain adalah banyaknya Ucapan selamat wisuda dari beberapa kalangan, baik dari lembaga kolega Kerjasama Usahid maupun dari para Tokoh Bangsa, Duta Besar, staf dan office boy Usahid.

Diakhir acara wisuda virtual dilaksanakan live reportase kepada 16 wisudawan Usahid yang merupakan warga Indonesia yang berdomisili dan bekerja di Qatar didampingi Duta Besar Indonesia untuk Qatar.(SP Nomor: 97/USJ-09/F-065/2020)


0 Komentar