Jumat, 25 Desember 2020 20:04 WIB

Sabar, Piala Dunia U-20 di Indonesia Diundur Jadi 2023

Editor : Eggi Paksha
Suporter Timnas. (foto istimwa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan sepak bola dunia (FIFA) resmi membatalkan ajang Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 2021 di Indonesia.

Menurut pernyataan resmi FIFA, alasan dibatalkannya itu karena kondisi pandemi virus corona yang tak juga kunjung mereda.

Atas alasan kesehatan itu, FIFA pun memutuskan untuk meniadakan kompetisi sepak bola di usia U-20 tersebut. Tak hanya Piala Dunia U-20, Piala Dunia U-17 yang direncanakan berlangsung di Peru pada 2021 mendatang pun juga ikut dibatalkan.

Kendati begitu, para pencinta sepak bola Indonesia tak perlu berkecil hati. Sebab Indonesia tetap akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di edisi selanjutnya, yang mana akan berlangsung pada 2023 mendatang, begitu juga Peru yang tetap tempat menjadi penyelenggara Piala Dunia U-17 di 2023 nanti.

FIFA tetap mempercayai Indonesia dan Peru dan memberikan kedua negara itu kesempatan untuk melangsungkan ajang Piala Dunia di level junior tersebut. Jadi, para penggemar sepakbola Tanah Air tampaknya harus bersabar lebih lama lagi untuk bisa melihat para pemain muda kelas dunia tampil di Indonesia.

“Akibat pandemi virus Covid-19, Biro Dewan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 dan Piala Dunia U-17 edisi 2021, serta menunjuk Indonesia dan Peru lagi untuk menjadi tuan rumah turnamen pada 2021, sebagai tuan rumah edisi 2023,” bunyi keterangan FIFA di laman resmi mereka, Kamis (24/12/2020).

“Pandemi Covid-19 terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggara acara olahraga internasional dan memiliki efek membatasi pada perjalanan internasional."

"Oleh karena itu FIFA secara teratur berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021,” tambah pernyataan resmi dari mereka.

“Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai. Untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan,” sambung keterangan FIFA.

“FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru, atas komitmen dan persiapan turnamen yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses,” tutup pernyataan FIFA.(roy)


0 Komentar