Sabtu, 20 Februari 2021 21:03 WIB

Jokowi Bilang 4,6 Juta Vaksin AstraZeneca akan Datang di Akhir Bulan

Editor : Eggi Paksha
Vaksin AstraZeneca. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Setelah Sinovac, vaksin AstraZeneca segera tiba di Tanah Air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kemungkinan vaksin tersebut datang pada akhir Februari atau awal bulan Maret.

“Tadi pagi saya mendapatkan kabar bahwa 4,6 juta dari AstraZeneca akan datang di akhir bulan atau awal bulan depan ini,” katanya dikutip dari Akun Youtube Sekretaris Presiden, Sabtu (20/2/2021).

Meski begitu dalam hal pelaksanaan vaksinasinya, Jokowi mengatakan masih dibicarakan. Dia menyebut ada kemungkinan vaksin AstraZeneca akan dikhususkan di satu provinsi saja.

“Hanya ini masih dalam pembicaraan di Kementerian Kesehatan. Apakah ini nanti akan dikhususkan di sebuah provinsi sendiri. Sehingga pengelolaan manajemennya lebih mudah. Ini yang belum diputuskan,” ungkapnya.

Jokowi menyebut bahwa mekanisme vaksinasi AstraZeneca berbeda dengan Sinovac.Jjangka waktu antara suntikan pertama dan kedua bisa lebih dari dua minggu.

“Misalnya AstraZeneca khusus di provinsi tertentu. Karena kalau campur-campur juga karena ini 2 kali semuanya. Dan juga saya mendapat informasi kalau Astra ini juga suntikan pertama dan kedua ini memakan waktu yang berbeda. Kalau sinovac itu 2 minggu. Kalau AstraZeneca itu 1 bulan sampai 2 bulan. Yang ini juga belum jelas 1 bulan untuk siapa dan 2 bulan untuk siapa,” pungkasnya.(yor)


0 Komentar