Senin, 19 April 2021 15:16 WIB

Inovasi Jadi Solusi Industri Dapat Tumbuh dan Berkembang dalam Situasi Pandemi

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendorong industri untuk intens berinovasi di tengah pandemi.

Dengan inovasi, industri diharapkan dapat tumbuh dan berkembang kendati dalam situasi pandemi. "Kita sedang beradaptasi melalui inovasi. Ciptakan kain-kain yang aman dari virus. Kain antivirus dibutuhkan untuk menahan disrupsi masa depan," kata Ridwan Kamil saat menyerahkan Sertifikat SNI Produk Ateja Mask di PT Ateja Tritunggal, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (19/4/2021).

Adapun masker yang menerima sertifikat SNI bernomor seri 8914:2020 itu terbuat dari kain tenun dan kain rajut dengan berbagai jenis serat. Masker tersebut memiliki efisiensi filtrasi partikulat yang dapat membunuh virus dalam 30 menit. Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, Pemda Provinsi Jabar akan turut mendorong industri untuk berinovasi.

Hal itu bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat dan mendongkrak ekonomi kerakyatan. "Tolong ceritakan ke kami (Pemda Provinsi Jabar) inovasi anti penyakit yang ujung-ujungnya untuk ekonomi kerakyatan agar harga yang dijual tidak mahal," ujarnya.


Selain itu, Kang Emil berpesan kepada PT Ateja Tritunggal untuk membuat masker dengan desain yang beragam dan sesuai kebutuhan pasar. "Saya ini desainer, saya menolong UMKM dengan mendesain helm, masker dan lain-lain. Jadi, kalau boleh (maskernya) setengahnya kosong dan setengahnya batik mega mendung. Jadi nanti ada desain saya di Ateja," tutur Kang Emil.

"Jadi masker tidak hanya bagus secara teknologi, tapi juga tampilannya. Karena harus serasi dengan warna pakaian sehari-hari orang yang dipakai," katanya.
 

Senior Director PT Ateja Tritunggal, Benny Judihardjo menuturkan, produknya secara filtrasi ada lapisan antivirus di bagian paling depan. “Memang secara filtrasi ada lapisan antivirus di depan, masker medis pun tidak memiliki keunggulan tersebut, dalam 30 menit virus pun hancur. Melalui filtrasi di depan. Ada 3 lapis masker sehingga droplet tidak bisa masuk," terangnya.

Selain itu, kata Benny, masker kain yang sudah diproduksi sejak Maret 2020 lalu itu telah diekspor ke 8 negara di tiga benua. "Kita telah melakukan ekspor ke 8 negara 3 benua, mereka menerima dan cukup baik responsnya. Kami pun berperan aktif mengurangi sampah B3. Mari kita terus mengingatkan Bangga Buatan Indonesia, sehingga kita semua dapat semakin maju," katanya.(mir)


0 Komentar