Senin, 27 Juni 2022 12:05 WIB

Kang Emil Pastikan Penanganan Banjir Bandang di Kabupaten Bogor Berjalan Optimal

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan penanganan banjir bandang yang melanda Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor berjalan optimal.

Didampingi istri yang juga Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga sudah mengunjungi lokasi terdampak, Minggu (26/6/2022) kemarin. Kehadirannya di lokasi bencana, kata Kang Emil, untuk memastikan warga terdampak mendapatkan penanganan yang optimal.

"Pertama, kami menghaturkan rasa dukacita kepada warga, khususnya yang terdampak langsung. Mudah-mudahan dikuatkan, diberikan kesabaran. Insyaallah negara hadir. Itulah kenapa saya hadir untuk menguatkan dan mencari solusi dari takdir Allah yang kita sebut kebencanaan," kata Kang Emil dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

"Yang kedua saya ucapkan terima kasih tentunya. Kalau ada kebencanaan memang gotong royong kita ini sangat luar biasa, sehingga proses tidak perlu berlama-lama untuk mengembalikan kepada normalitas," imbuhnya.

Banjir bandang tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut. Hal itu menyebabkan sungai di sekitar lokasi meluap. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan sebanyak 602 Kepala Keluarga (2.407 jiwa) terdampak bencana tersebut.

Dari jumlah itu, ada sekitar 5 kepala keluarga (KK) mengungsi ke tempat kerabat terdekat. BPBD Kabupaten Bogor ljuga mencatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, 1 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, dan akses jalan desa penghubung terputus. Kang Emil menginstruksikan semua pihak terkait untuk memastikan warga terdampak bencana tersebut mendapatkan penanganan yang baik, seperti kebutuhan pokok.(mir)


0 Komentar