Jumat, 24 September 2021 10:27 WIB

KSAD Andhika Hadiri Indo-Pacific Armies Chiefs Conference National Training Center US Army Hingga Tinjau Pabrik Helikopter Apache

Editor : Yusuf Ibrahim
Jenderal Andhika Perkasa. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andhika Perkasa bertemu dengan Atase Pertahanan Amerika Serikat Colonel Theodore Leo Liebreich di Mabessad Jakarta beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu membahas rencana kehadiran jenderal bintang empat ini di Indo-Pacific Armies Chiefs Conference. Indo-Pacific Armies Chiefs Conference yaitu pertemuan seluruh Kepala Staf Angkatan Darat di kawasan Indo-Pasifik. Leo menyebut, seluruh pimpinan yang diundang akan membahas beragam isu kemiliteran yang dihadapi Angkatan Bersenjata di negara-negara Indo-Pasifik.

"Seluruh Kepala Staf Angkatan Darat di Indo-Pasifik akan datang ke Hawaii, Jenderal Flynn menjadi tuan rumah dan konferensi akan berlangsung tiga hari," kata Leo dalam tayangan video TNI AD dikutip, Jumat (24/9/2021).

Lebih jauh dijelaskan Leo, agenda hari pertama akan dimeriahkan oleh penampilan seni dari angkatan bersenjata di pulau tersebut. Di hari kedua dan ketiga, sambung dia, barulah membahas isu-isu strategis yang tengah dihadapi para pimpinan Angkatan Darat berbagai negara.

Selain menuju Hawaii, Jenderal Andika beserta perwakilan Indonesia juga akan bertolak menuju California guna mengunjungi National Training Center US Army. Kunjungan ini dalam rangka melihat proses latihan dan berbagai fasilitas yang ada di pusat pelatihan militer Negeri Paman Sam.

Setelahnya, KSAD turut berkesempatan untuk mengunjungi pabrik pembuatan helikopter militer Apache yang dibuat oleh perusahaan Aviasi Boeing.

"Kita bisa berangkat keesokan harinya pada hari Kamis tanggal 16 dan ada beberapa tempat di US yang bisa Anda lihat dan pada hari Jumat di tanggal 17 kita pergi menuju NTC. Dan kemudian di hari Minggu kita akan pindah ke Phoenix. Itu adalah pabrik helikopter Boeing, Apache," tuturnya.

"Di pagi hari pihak Boeing akan menunjukan kepada Anda pabriknya, memberi Anda beberapa informasi dan diskusi tentang desain baru Apache, juga pembaruan terkini," kata Colonel Leo.

KSAD rencananya turut didampingi oleh Hetty Andika Perkasa, dan jajaran staf di TNI AD dalam kunjungan multilateral ke Amerika Serikat. Kunjungan ini akan berlangsung selama kurang lebih satu minggu sebelum nantinya akan kembali ke Tanah Air.(kah)


0 Komentar