Jumat, 07 Januari 2022 11:32 WIB

Shin Tae-yong Terangkan Agenda Terdekat Timnas Lakoni FIFA Matchday

Editor : Yusuf Ibrahim
Shin Tae-yong. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Timnas Indonesia akan mempercepat persiapan jelang FIFA Matchday yang rencananya bergulir Januari 2022.

Pelatih Shin Tae-yong dan jajarannya langsung mengadakan pertemuan membahas persiapan. Berdasarkan rencana, di Januari ini Indonesia bakal menghadapi Bangladesh dan Brunei Darussalam di Bali. Selanjutnya pada Maret 2022, mereka juga mengagendakan melawan Kroasia dan Yunani.

Melawan dua tim Eropa bukan main-main lantaran Kroasia dan Yunani termasuk negara yang disegani di kancah sepak bola Eropa dan dunia. Kroasia menjadi runner-up Piala Dunia 2018, sedangkan Yunani merupakan jawara Piala Eropa 2004. Dalam postingan Instagram pribadi Shin Tae-yong, Kamis (6/1/2022), timnas dipastikan segera mengeglar persiapan.

“Ayo lari lagi untuk persiapan A match day,” tulis Shin Tae-yong di keterangan foto.

Timnas Indonesia baru saja menjalani Piala AFF 2020 selama sebulan ke belakang (5 Desember 2021-1 Januari 2022). Di ajang ini Pratama Arhan dkk berhasil keluar sebagai runner-up. Mereka mencapai partai puncak dan bertemu raksasa Asia Tenggara, Thailand.

Di laga tersebut skuad Garuda kalah dengan agregrat 2-6 setelah menyerah 0-4 di leg pertama dan imbang 2-2 di leg kedua. Setelahnya, mereka langsung kembali ke tanah air dan tiba pada 2 Januari 2022 kemarin. Mereka langsung menjalani karantina selama 5 hari di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Pada 6 Januari 2022 kemarin, Shin Tae-yong didampingi pihak federasi, PSSI melepas seluruh pemainnya kembali ke klub masing-masing. Dalam agenda itu, Shin menerangkan agenda terdekat Timnas yakni akan melakoni FIFA Matchday.

Sekadar informasi, FIFA Matchday bertujuan selain sebagai ajang uji coba, ini merupakan kesempatan untuk menambah pundi-pundi poin Timnas Indonesia di ranking FIFA. Seandainya menang, bukan tak mungkin Indonesia mampu menggeser Singapura di atasnya.

Saat ini Timnas menduduki peringkat 164 dengan poin 993,96. Sementara Singapura saat ini di peringkat 160 dengan poin 1,000,78. Andai Timnas Indonesia menang atas Brunei dan Bangladesh, skuad Garuda bakal mendapatkan 8,32 poin tambahan.

Di hari yang sama, Shin mengonfirmasi bahwa para pemain yang dipanggil untuk FIFA Matchday ini hanya berasal dari dalam negeri. Para pemain abroad yang berlaga di luar negeri, tidak dipanggil layaknya di Piala AFF 2020. Sebab itu, dia dan jajarannya perlu mencari dan menyusun lagi pemain terbaik yang terpilih.

Itu pun tampaknya langsung mereka lakukan di hari yang sama dengan melakukan meeting. Terlihat di postingan Shin Tae-yong (shintaeyong777), mulai dari Nova Arianto, Yoo Jae-hoon, Jeong Seok-seo dan lainnya sedang berkumpul dalam satu ruangan seperti hotel.

Mereka terlihat serius menyaksikan tayangan di televisi sambil memegang catatan masing-masing. Disinyalir tayangan itu merupakan referensi untuk menyiapkan FIFA Matchday.(mir)


0 Komentar