Selasa, 11 Januari 2022 10:55 WIB

China Pamer J-20, Jadi Andalan Bersaing dengan Jet Tempur Siluman F-35 AS dan Su-57 Rusia

Editor : Yusuf Ibrahim
Jet tempur siluman J-20. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Militer China memamerkan kesiapan tempur jet tempur siluman J-20 dengan melakukan simulasi duel udara atau dogfight dengan pesawat tempur lain; J-11B dan J-16.

Simulasi tersebut menjadi bagian dari latihan tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). J-20 merupakan pesawat tempur generasi kelima paling canggih China. Ia menjadi andalan Beijing untuk bersaing dengan jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) dan jet tempur siluman Su-57 Rusia.

Latihan konfrontasi udara itu dilaporkan media pemerintah, Global Times, pada Senin (11/1/2022), tanpa menyebutkan tanggal dan lokasi manuver. Para pilot yang terlibat dalam duel udara itu termasuk mereka yang memenangkan "Golden Helmet", kompetisi tempur udara yang berorientasi pertempuran paling realistis. Golden Helmet adalah salah satu dari empat merek pelatihan utama Angkatan Udara PLA, bersama dengan Golden Dart, Red Sword, dan Blue Shield.

Menurut media pemerintah, dua pesawat tempur J-20 yang dilengkapi dengan lensa Luneburg terlibat duel udara dengan sejumlah pesawat tempur non-siluman. Lensa Luneburg adalah perangkat kecil yang meningkatkan penampang radar pesawat, membuat pesawat siluman dapat dideteksi radar.

Seorang pakar militer China mengatakan J-20 melepaskan keunggulan teknologi silumannya untuk fokus pada pelatihan keterampilan lain, juga dalam pertempuran nyata. Dengan cara itu, lawan yang kuat dapat mengembangkan teknik untuk mengidentifikasi pesawat siluman, membuat pelatihan tersebut menjadi kritis.

Laporan itu mengatakan bahwa dua J-20 terlibat dalam pertempuran sengit dengan lawan mereka di lingkungan elektromagnetik yang rumit. Setelah serangkaian manuver taktis, J-20 dan pesawat "musuh" saling berhadapan, dan kedua pilot melepaskan tembakan pada saat yang bersamaan.

Kedua pesawat juga melakukan manuver high-G yang membuat mereka lolos dari serangan tiruan. Namun, lanjut Global Times, pada akhirnya, J-20 keluar sebagai pemenang. Latihan serupa dilaporkan dilakukan di pangkalan pelatihan Angkatan Udara China lainnya.

Berbagai jenis pesawat, termasuk pesawat tempur J-20 dan J-16, terbang dalam latihan yang mencakup simulasi pertempuran udara dan serangan tembakan langsung ke target darat. Laporan tersebut menunjukkan bahwa dua J-20 dan dua J-16 terlibat dalam pertempuran tiruan tetapi tidak membocorkan hasilnya.

J-20 memiliki lensa Luneburg di atasnya. Wang Zhen, seorang komandan resimen di pangkalan pelatihan, dikutip oleh Global Times mengatakan, “Kami menargetkan tuntutan dalam pertempuran nyata dan dilatih pada tingkat tertinggi dari program pelatihan.” Pelatihan tersebut, menurut komandan pangkalan pelatihan Liu Jinrui, memeriksa dan mengonfirmasi teknik-teknik baru untuk menciptakan keterampilan bertarung.(kah)


0 Komentar