Kamis, 13 Januari 2022 10:51 WIB

Berikut Sejumlah Manfaat Latihan Beban untuk Tubuh

Editor : Yusuf Ibrahim
Latihan kekuatan yang menggunakan beban untuk ketahanan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Weight training belakangan ini menjadi populer, setelah disebut oleh pelatih Timnas Shin Tae-yong pada Podcast Deddy Corbuzier.

Ia mengatakan bahwa weight training pada para pemain timnas tidak maksimal. Sebenarnya apa sih weight training dan manfaatnya bagi Tubuh? Seperti dikutip laman Active, weight training atau latihan beban adalah jenis latihan kekuatan yang menggunakan beban untuk ketahanan.

Tujuan latihan ini dilakukan untuk memberikan tekanan pada otot menggunakan beban, misalnya barbel dan dumbel, atau dengan menggunakan mesin beban. Latihan ini akan memungkinkan otot diaktifkan dan menjadi lebih kuat.Berikut ini manfaat latihan beban untuk tubuh:

1. Membuat Fisik lebih kuat

Latihan kekuatan tidak hanya meningkatkan kapasitas kerja fisik Anda, tetapi juga meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari (ADL). Anda akan dapat bekerja lebih keras dan lebih lama dengan aktivitas latihan beban yang tepat.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Latihan beban sangat efektif untuk meningkatkan kepadatan tulang. Salah satu cara terbaik untuk mengontrol pengeroposan tulang seiring bertambahnya usia adalah dengan menambahkan latihan kekuatan ke dalam rencana latihan Anda. 

3. Mengurangi Risiko Cedera Jika dilakukan secara rutin, latihan beban ini bisa meningkatkan kinerja motorik dan penurunan risiko cedera. Gerakan seperti jongkok dan deadlifting bisa memperkuat otot-otot yang menstabilkan sendi, seperti pinggul dan lutut. Memperkuat otot sekitar sendi busa mengurangi risiko cidera pada atlet sepak bola.

4. Keseimbangan Lebih Baik

Latihan bisa membuat otot-otot lebih kuat. Dengan otot yang kuat, memungkinkan pemain untuk mengontrol tubuhnya dengan lebih baik ketika harus beradu dengan lawan.

5. Gerakan jadi Lebih Kuat Otot yang kuat otomatis akan memungkinakan seseorang bisa melakukan gerakan lebih kuat. Ini sangat diperlukan seorang pemain bola saat menendang bola, mengontrol arah bola di lapangan, melakukan penyelamatan di gawang, hingga menyundul bola, semuanya teknik permainan yang membutuhkan keterampilan khusus juga ketahanan tubuh.(mir)


0 Komentar