Jumat, 28 Januari 2022 13:02 WIB

Marsdya TNI Andyawan Diyakini Bawa Pangkoopsudnas Lebih Baik

Editor : Yusuf Ibrahim
Marsdya TNI Andyawan Martono. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Marsdya TNI Andyawan Martono resmi dilantik sebagai Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas).

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo optimis di tangan Marsdya Andyawan organisasi akan dibawa ke arah lebih baik. "Saya optimis marsekal mampu membawa orginsasi ini menuju arah yang sesuai harapan kita bersama," ucap Fadjar saat pelantikan di Mako Koopsudnas, Komplek Skadron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (28/1/2022).

Fadjar juga mengucapkan selamat ke Marsdya Andyawan, yang menjadi Pangkoopsudnas pertama. Menurutnya, Marsdya Andyawan memiliki karakter dan kemampuan yang tepat dalam memimpin. "Selanjutnya mengambil kesempatan yang baik ini selaku Kasau saya ucapkan selamat kepada Marsekal Madya TNI Andyawan Martono sebagai Panglima Komando Operasi (koopudsnas) yang pertama," ujarnya.

"Saya menilai marksekal memiliki karakter yang dan kemampuan yang tepat untuk memimipin koopdusnas," tambahnya.

Fadjar ini sebuah langkah strategis guna menentukan satu komando dalam meningkatkan fokus dan koordinasi. Ia juga menekankan hadirnya Koopsudnas bisa menjadi leading sektor dalam operasi pertahanan udara. "Ini adalah sebuah langkah strategis yang sangat menentukan dalam mewujudkan unity of command khususnya untuk meningkat fokus dan koordinasi dalam asset employement beserta dalam pengerahan kekuatan matra udara," tuturnya.
 

"Dengan demikian peresmian ini telah menetapkan Koopsudnas sebagai leading sector yang bertanggung jawab terhadap operasi pertahanan udara yang sebelumnya dilaksanakan oleh Koopsau serta operasi-operasi yang dilaksanakan Korpaskhas," sambungnya.

Sebagai informasi, Komando dan Pengendalian (Kodal) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) kini tak lagi di bawah jajaran Mabes TNI. Kodal Kohanudnas kini dialihkan menjadi di bawah jajaran Mabesau.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menerima alih Kodal Kohanudnas, Rabu (26/1/2022). Acara mengambil tempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Pengalihan Kodal dari Mabes TNI ke Mabesau ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/46/I/2022.

Pengalihan itu ditandai dengan penyerahan Pataka Kohanudnas dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Marsekal Fadjar. "Dengan Alih Kodal, diharapkan Kohanudnas dapat menjalankan tugas lebih optimal dan merupakan wujud nyata kesiapan TNI dalam menjawab tantangan TNI ke depan," jelas Dispenau dalam keterangannya, Rabu malam.(kah)


0 Komentar