Senin, 04 April 2022 13:30 WIB

Seluruh Menteri di Kabinet Sri Lanka Undur Diri Akibat Krisis Ekonomi Semakin Parah

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Pendidikan, Dinesh Gunawardena. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Seluruh menteri yang berjumlah 26 orang di Kabinet Sri Lanka mengundurkan diri bersamaan.

Langkah itu diambil ketika krisis ekonomi di negara itu semakin parah dan memicu protes anti-pemerintah yang meluas. Menteri Pendidikan, Dinesh Gunawardena—yang ikut ambil bagian dalam pengunduran diri massal—mengatakan seluruh menteri memilih meletakkan jabatan setelah melakukan pertemuan larut malam pada hari Minggu.

Kabinet Sri Lanka kini hanya tersisa Presiden Gotabaya Rajapaksa dan kakak laki-lakinya; Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa. “Semua menteri mengajukan surat pengunduran diri agar presiden dapat membentuk kabinet baru,” kata Gunawardena, seperti dikutip AFP, Senin (4/4/2022).

Tiga anggota dari keluarga Rajapaksa yang berkuasa termasuk di antara mereka yang mengundurkan diri di tengah meningkatnya kemarahan publik terhadap kekurangan akut makanan, bahan bakar dan obat-obatan yang melanda negara Asia Selatan berpenduduk 22 juta jiwa itu.

Adik Rajapaksa yang termuda, menteri keuangan Basil, dan sulung mereka, Chamal, yang memegang portofolio pertanian, dan kerabat keluarga Namal, menteri olahraga, semuanya mengundurkan diri. Langkah itu dilakukan setelah ribuan orang menentang jam malam pada hari Minggu untuk protes di seluruh negeri menuntut penggulingan keluarga Rajapaksa, yang kembali berkuasa pada November 2019.(kah)


0 Komentar