Jumat, 29 April 2022 14:07 WIB

Warga Malaysia yang Mudik Lebaran dapat Nikmati Jalan Tol Gratis

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Warga Malaysia yang berkendara mudik untuk merayakan Idul Fitri atau Lebaran dapat menikmati jalan tol gratis.

Mereka juga mendapat diskon untuk penggunaan 30 jalan raya nasional. Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri Yaakob mengatakan diskon jalan raya nasional dan gratis tarif tol diperkirakan menghemat para pengendara hingga total RM77,1 juta.

Menurutnya, para operator jalan yang akan menanggung biayanya. “Sejalan dengan fase transisi menuju endemisitas sejak 1 April 2022 dan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 3 Mei 2022, pemerintah telah sepakat untuk memberikan tarif tol gratis dan diskon bagi keluarga Malaysia yang kembali merayakannya,” ujarnya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip MalayMail, Jumat (29/4/2022).

PLUS, operator jalan raya spinal utara-selatan, akan membebaskan tarif tol mulai tengah malam 30 April 2022 hingga pukul 23.59 pada 1 Mei 2022 untuk semua kelas kendaraan. Operator tol lain yang akan membebaskan tarif adalah Anih Berhad, yang mengoperasikan jalan tol pantai timur.

Pembebasan tarif akan berlaku dalam periode yang sama. Kedua pemegang konsesi juga akan membebaskan biaya tol untuk perjalanan arus balik. Pemberlakuan tarif tol gratis tersebut akan berlaku mulai 7 Mei 2022 tengah malam hingga pukul 23.59 pada 8 Mei 2022.

PM Ismail mengatakan, ini akan menjadi pertama kalinya kedua pemegang konsesi membebaskan tarif tol untuk kedua perjalanan tersebut. Sementara itu, operator lain telah setuju untuk memberikan diskon antara 30 hingga 50 persen bagi pengendara yang menggunakan jalan mereka. “Semoga dengan adanya potongan harga dan bebas pulsa membuat perayaan Idul Fitri bersama orang-orang terkasih tahun ini semakin meriah,” kata Ismail.(mir)


0 Komentar