Senin, 23 Mei 2022 14:38 WIB

Gus Yahya Ingatkan Semua Parpol Tak Gunakan NU Sebagai Senjata dalam Konstelasi Politik

Editor : Yusuf Ibrahim
KH Yahya Cholil Staquf. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf meminta kepada semua partai politik (parpol) tidak mengeksploitasi identitas NU.

Menurutnya, NU merupakan perkumpulan milik semua bangsa. "Saya ingin sampaikan di sini bahwa kita tidak mau, kita mohon jangan pakai politik identitas, terutama identitas agama, termasuk identitas NU. Tidak boleh mengeksploitasi identitas NU untuk politik, NU ini untuk seluruh bangsa," kata Gus Yahya, sapaan akrab KH Yahya Cholil Staquf saat ditemui wartawan di Kantor PBNU, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Gus Yahya mengingatkan kepada semua partai tidak menggunakan NU sebagai senjata dalam konstelasi politik. Sebab jika terus dilakukan akan dikhawatirkan menjadi politik tidak sehat. "Semuanya, untuk semua partai, jadi NU itu enggak boleh digunakan sebagai senjata untuk kompetisi politik, karena kalau kita biarkan terus begini ini tidak sehat," ujarnya.

Gus yahya kembali berkomentar terkait hubungan NU dan PKB saat ini. Dia mengatakan dirinya tidak membuat pernyataan negatif terhadap PKB. "Kita kan enggak ngapa-ngapain, enggak melakukan apa-apa, saya tidak memberikan pernyataan apa pun yang berisi negatif terhadap siapa pun, apalagi PKB. Kalau ada yang mengatakan renggang ya mereka yang merenggangkan diri," ujarnya.(mir)


0 Komentar