Rabu, 08 Juni 2022 12:11 WIB

Jokowi Resmikan Industri Baterai Listrik Terintegrasi di Kabupaten Batang

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyatakan dimulainya implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu 8 Juni 2022.

"Pagi hari ini tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi dari LG dan konsorsium BUMN saya nyatakan di mulai pembangunannya," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/6/2022).

Jokowi menyatakan, dirinya sangat senang bahwa tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi telah mulai berjalan. Menurutnya investasi dari LG ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

"Mulai dari penambangan nikel, smelter, pabrik prekusor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, baterai pack hingga mobil listrik. Masih ditambah lagi dengan Industri daur ulang baterai dari hulu sampai hilir end to end semuanya dikerjakan dalam investasi ini," jelasnya.

Jokowi pun berterimakasih kepada pada konsorsium LG yang bekerja sama dengan BUMN Indonesia serta perusahaan-perusahaan Indonesia lain untuk pembangunan industri baterai listrik terintegrasi. Sebab dalam industri terintegrasi itu menyerap 20 ribu sumber daya manusia dari Indonesia.

"Total investasi ini juga bukan jumlah yang sedikit Rp142 triliun. Dan yang paling saya senang menyerap SDM tenaga kerja kita 20 ribu orang ini jumlah yang tidak kecil. Dimana-mana di dunia sekarang ini pembukaan lapangan kerja merupakan kunci," kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan, bahwa investasi industri baterai listrik tersebut telah tersebar di beberapa kawasan di Indonesia. Untuk pertambangan dan peleburan Nikel berlokasi di Halmahera, Maluku Utara.

"Kemudian untuk industri refinery pemurnian serta industri rekusor, industri katodanya ada di Jawa Tengah kawasan industri di Batang. Kemudian pabrik baterai yang juga sedang dibangun di Karawang dan pabrik mobil listriknya ada di Cikarang, tersebar dengan sangat baik tidak hanya di Jawa saja. Di luar Jawa juga banyak dibangun untuk investasi," ungkapnya.(fik)


0 Komentar