Jumat, 17 Juni 2022 14:31 WIB

FIFA Pilih 16 Kota dari Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko untuk Piala Dunia 2026

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden FIFA, Gianni Infantino (kedua dari kanan). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah memilih 16 kota dari Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko untuk menggelar Piala Dunia 2026.

Mayoritas dari Negeri Paman Sam. Dari 16 kota penyelenggara, 11 diantaranya berada di Amerika Serikat. Mereka adalah Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco dan Seattle.

Kemudian dua kota terletak di Kanada, yaitu Toronto dan Vancouver. Kemudian tiga lagi di Meksiko, yakni Guadalajara, Mexico City dan Monterrey. Untuk edisi 2026 merupakan pertama kali akan diramaikan 48 tim dari enam konfederasi. Ada tambahan 16 tim dari edisi tahun ini di Qatar.

Piala Dunia 2026 juga perdana diselenggarakan di tiga negara berbeda. Pemilihan 16 kota ini dikonfirmasi saat seremoni di Rockefeller Center, New York City, Kamis (16/6/2022) waktu setempat. "Kami mengucapkan selamat kepada 16 kota tuan rumah Piala Dunia FIFA atas komitmen dan semangat mereka yang luar biasa," kata presiden FIFA, Gianni Infantino dalam pernyataannya dikutip laman Rte.

"Hari ini adalah hari bersejarah - untuk semua orang di kota dan negara bagian itu, untuk FIFA, untuk Kanada, AS, dan Meksiko yang akan menampilkan pertunjukan terhebat di Bumi,” lanjutnya.

Ada sejumlah kota seperti Cincinnati, Denver, Edmonton, Nashville, Orlando dan Washington D.C/Baltimore yang tidak lolos seleksi.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk memberikan apa yang akan menjadi Piala Dunia FIFA yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pengubah permainan saat kami berusaha membuat sepak bola benar-benar mendunia,” tandasnya.

Amerika Utara akan menjadi tuan rumah Piala Dunia putra untuk pertama kalinya dalam 32 tahun. Secara keseluruhan ini adalah keempat kalinya untuk regional ini. Sementara Amerika Serikat sebelumnya telah menggelar edisi 1994 yang dimenangkan Brasil.

Sementara Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia 1970 dan 1986, masing-masing dikuasai Brasil dan Argentina. Sedangkan Kanada sebelumnya tidak pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Tapi, pernah menggelar Piala Dunia wanita pada 2015.(mir)


0 Komentar