Selasa, 19 Juli 2022 19:52 WIB

Liga 1 dan 2 Dilaksanakan dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora Zainudin Amali (tengah). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kabagjianling Rojianstra Sops Polri Kombes. Pol. Umar Surya Fana, memastikan pihaknya akan mendukung penuh kompetisi Liga 1 yang rencanannya akan bergulir 23 Juli 2022 mendatang.

Hal ini disampaikannya saat melakukan konferensi pers usai melakukan rapat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Liga 1 Sepakbola yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Selasa (19/7). Rapat ini turut dihadiri Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ahmad Hadian Lukita, Perwakilan dari BNPB, dan Kemenkes.

“Jadi dari Polri akan mendukung pelaksanaan kegiatan ini baik dari sisi perizinan, maupun masalah pengamanan. Untuk jumlah komponen (personel) nanti akan disesuaikan (dengan daerah) masing-masing,”ujarnya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi secara daring dengan semua Kapolres tempat pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 terkait pengamanan kegoiatan tersebut. “Pada prinsipnya kita siap untuk mengamankan acara ini, bekerja sama dengan instansi terkait yang telibat di dalamnya,” jelasnya.

Sementara itu, dukungan serupa juga disampaikan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati, yang mengatakan pihaknya siap mendukung kegiatan ini. “Saya rasa Liga 1 ini ditunggu, kami dari Satgas (covid-19) dan BNPB mendukung kegiatan ini, tentunya dengan persyaratan yang telah ditetapkan dengan surat edaran nomor 20/2022,” katanya.

Namun demikian, dia mengingatkan bahwa untuk kegiatan yang sifatnya masif dan dihadiri lebih dari 1000 orang harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami akan melakukan koordinasi terutama dengan daerah, kesiapan daerah, dari BPBD, Dinas Kesehatan tentunya dengan kepanitiaan bagaimana protokol kesehatan tetap harus dilakukan termasuk screening, scaning, protokol kesehatan yang dilakukan termasuk kegiatan yang melibatkan penonton,” jelasnya. 

Demikian juga dari Kementerian Kesehatan, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Endang Budi Hastuti mengatakan mendukung kegiatan ini. Namun, karena adanya kenaikan kasus positif covid-19, maka pihaknya berharap aturan dan surat edaran terkait protokol kesehatan ditaati dan dijalankan untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus covid-19.

“Kami sangat berharap pelaksanaan liga sepak bola ini dapat berjalan dengan aman dan sukses. Dan kita tidak terjadi peningkatan kasus selanjutnya. Dan kami juga akan berkoordinasi dengan daerah dan dinas kesehatan dan juga lintas sektor lainnya di daerah agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” paparnya.

Menpora Zainudin Amali sebelumnya memaparkan hasil dari rapat koordinasi ini diputuskan liga 1 dan liga 2 akan segera bergulir. Untuk Liga 1 akan bergulir tanggal 23 Juli sementara Liga 2 sebulan setelahnya.

“Hasil rakor siang ini diputuskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2022-2023 insya Allah akan dimulai tanggal 23 di Bali. Jadi sudah tidak ada masalah. Mohon doa dan dukungannya,” jelasnya.(fik)


0 Komentar