Jumat, 04 November 2022 21:02 WIB

Varian Baru XBB, Ibu Hamil Disarankan Segera Vaksin Covid-19

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Covid-19 kembali menebar ancaman melalui varian baru XBB. Varian terbaru ini dinilai mudah menular.

Masyarakat, terutama ibu hamil, wajib mewaspadainya. Menurut dokter spesialis penyakit dalam RSUI, dr. Muhammad Hafiz Aini, S. PD, ibu hamil masuk ke dalam kelompok rentan terinfeksi Covid-19. Ibu yang sedang mengandung perlu melakukan vaksinasi.

Tujuannya, lanjut dia, untuk memberikan perlindungan lebih agar kondisi tidak parah jika terinfeksi virus Covid-19, dan mencegah muncul gejala berat. "Ibu hamil termasuk kelompok rentan, dia membawa dua nyawa juga ya. Dicegah Covid-19 jangan sampai bergejala, makanya kita tetap pakai masker untuk mencegah tidak terkena, juga harus dikejar vaksinnya," tutur dr. Hafiz dalam Live Instagram Okezone bertajuk Kenali XBB, Varian Baru Covid-19 Lebih Menular dari Omicron?, Jumat (4/11/2022).

Untuk gejala, menurut dr. Hafiz, varian XBB ini sama seperti penyakit infeksi pernapasan umumnya. Gejala ringan seperti batuk, sesak napas dan demam. Bahkan gejalanya, bisa seperti influenza atau flu, sehingga kepatuhan protokol kesehatan agar tetap ditegakkan. "Gejala infeksi saluran napas itu semua sama saja. Bisa saja nanti gejalanya sama seperti influenza karena menyerang saluran pernapasan," tuntasnya.(rah)


0 Komentar