Kamis, 22 Desember 2022 16:45 WIB

Arab Saudi Izinkan Dekorasi Natal Dipajang di Depan Umum

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ini adalah tahun ketiga Arab Saudi mengizinkan dekorasi Natal dipajang di depan umum di etalase toko.

Hari raya yang dulunya ditandai secara tertutup ini dirayakan secara lebih terbuka oleh pengecer dan penduduk sejak tahun 2020, ketika undang-undang diubah terkait dekorasi hari raya keagamaan. Satu toko, Homegrown, mengadakan acara bertema meriah tahun ini.

“Ini mengingatkan saya pada London dan salju. Saya mendapatkan gingerbread latte dan teman saya mendapatkan hot chocolate dengan s'mores," kata Hatoon, yang sedang menikmati minuman di toko Jeddah.

"Koleksi musim dinginnya beludru dan sangat bertema Natal, mengingatkan saya pada Natal di Inggris," ujarnya, seperti dikutip The National News, Kamis (22/12/2022).

Di masa lalu, perayaan non-Muslim tidak diakui secara publik di kerajaan tersebut. Tetapi segera setelah Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman diumumkan, festival keagamaan dan lainnya telah dirayakan. “Saya telah berada di sini selama delapan tahun dan saya telah melihat negara berkembang menjadi sesuatu yang membuatnya lebih disukai oleh ekspatriat,” kata Myka Monasterial, seorang perawat teregistrasi.

Di masa lalu, Monasterial sulit menemukan ornamen Natal dijual secara terbuka di Kerajaan Arab Saudi. “Tapi baru dua tahun yang lalu, saya sangat senang menyaksikan dekorasi Natal pertama dipasang di pusat perbelanjaan di Jeddah,” ujarnya.
 

“Ini memberi saya kegembiraan dan harapan untuk menjadi bagian dari langkah negara untuk menjadi lebih terbuka dan mengakui tradisi dan budaya lain.”

Dengan pembubaran polisi moral, Arab Saudi telah mendorong koeksistensi, penerimaan, dan asimilasi berbagai budaya dalam masyarakat, sehingga pengunjung dan ekspatriat tidak dikecualikan. “Kami merayakan Natal bersama tetangga saya dan teman-teman Saudi setiap tahun,” kata Simone Isabella, warga negara Italia yang tinggal di Jeddah.

"Penduduk setempat sangat terbuka dan selalu menerima agama dan perayaan yang berbeda—ini hanya memberi kami alasan lain untuk benar-benar berdandan dan bertukar hadiah," ujarnya.

“Tahun ini kami memiliki Sinterklas rahasia untuk anak-anak kami yang sangat menantikan hadiah mereka.”

Sementara kompleks perumahan telah lama menyelenggarakan pesta dan acara Natal secara pribadi, budaya toleransi lebih terasa di jalan-jalan kerajaan tahun ini. Bertempat tinggal di Provinsi Timur Arab Saudi, Nour Dajani berkata: "Saya suka Natal! Sebagai warga negara Saudi-Jerman, saya bersyukur bisa mengalami begitu banyak tradisi dari kedua sisi keluarga saya."

Neneknya menegaskan bahwa mereka merayakan dan menghargai semua budaya. “Ini bukan hanya dari sudut pandang agama, ini hanya satu alasan lagi bagi kita semua untuk berkumpul dan berbagi hidangan musim dingin favorit kita seperti bebek atau angsa dengan isian dan kentang di sampingnya,” katanya.
 

Kafe dan restoran telah berubah menjadi negeri ajaib musim dingin, dengan dekorasi dan ornamen yang dipajang. Raksasa ritel Starbucks menawarkan minuman liburan musiman dalam cangkir bertema liburan dan toko roti artisanal Prancis Paul Cafe telah menjual roti dan kue berbentuk kayu yule dan bertema Natal.

“Beberapa toko dan sekolah lokal kami juga merayakan Natal,” kata Rana Sabbah, warga Lebanon yang tinggal di Jeddah.

“Saya biasanya membeli gingerbread houseDIY [Do It Youreself] untuk putri saya dan teman-teman mereka hanya sebagai kegiatan yang menyenangkan di mana mereka mendekorasi dan memakannya setelah itu. Anak-anak dapat berpartisipasi dalam permainan dan aktivitas yang menyenangkan di sekolah mereka minggu ini."

Supermarket di Arab Saudi juga menjual pohon Natal dan dekorasi lainnya. Namun kata “Natal” jarang muncul di toko dan kafe. Bisanya, mereka menggunakan istilah "rasa meriah" dan "bertema liburan". Seorang penduduk di Khamis Mushait, Jacqueline Hamou, mengatakan tidak disebutkan Natal 35 tahun lalu ketika dia pindah ke kerajaan, kecuali di kompleks yang disediakan untuk warga asing.

“Sekarang, saya melihat kalkun dan makanan pesta di supermarket,” katanya.

"Tahun ini kita akan bersama teman-teman dan mungkin memesan makanan dari menu pesta lengkap Four Seasons Hotel." Taman hiburan Winter Wonderland yang berbasis di London juga kembali ke Riyadh untuk satu tahun lagi.

Pengunjung dapat menikmati kedai makanan bertema meriah, bersama dengan rusa yang sesekali berkelap-kelip atau rumah roti jahe yang sangat besar. Gelanggang seluncur es terbesar di kawasan ini juga terbukti sukses.

“Bagi kami, Natal hanyalah sebuah kesempatan untuk merayakan dengan ekspatriat yang tinggal di Saudi—untuk menyambut mereka dan ini adalah kesempatan yang bagus bagi anak-anak untuk bersenang-senang,” kata Amani Hussami, warga negara Saudi yang tinggal di Jeddah.

"Kami membawa hadiah dan permen ke rumah teman kami karena mereka merayakannya."(mir)


0 Komentar