Senin, 09 Januari 2023 15:05 WIB

Banyak Menduga Kiamat, Alasan Makkah yang Biasanya Gersang Tiba-tiba Hijau Penuh Rerumputan

Editor : Yusuf Ibrahim
Pemandangan hijau di Makkah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kawasan pegunungan di kota suci Makkah, Arab Saudi, yang biasanya gersang tiba-tiba menjadi hijau penuh rerumputan.

Ketika pemandangan langka ini dipublikasikan di media sosial, tidak sedikit yang beranggapan sebagai tanda akan datangnya hari kiamat. "Pegunungan #Makkah ditutupi dengan tanaman hijau setelah hujan baru-baru ini," bunyi caption dari video yang diunggah akun Twitter @makkahregion pada 7 Januari 2023.

Selain menampilkan rerumputan hijau, video berdurasi 45 detik yang diunggah akun yang terkait dengan pemerintah Arab Saudi itu juga menunjukkan beberapa unta berkeliaran. "Adegan ini mengingatkan saya pada hadits Nabi SAW (Kiamat tidak akan datang sampai tanah Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai).

Diriwayatkan oleh Muslim," tulis pengguna akun Twitter @abdulmgedkhw, merespons video tersebut, yang memicu diskusi di antara pengguna Twitter.

Pemandangan hijau di Makkah itu juga diabadikan oleh citra satelit Terra dari Badan Penerbang dan Antariksa Nasional (NASA) Amerika Serikat, sebagaimana dilansir dari situs Arabia Weather, Senin (9/1/2023).

Menurut situs cuaca Arab Saudi itu, beberapa wilayah Kerajaan Arab Saudi telah menyaksikan curah hujan beberapa kali sejak Desember 2022. Curah hujan yang terus-menerus untuk periode yang sangat lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya menjadi alasan dari kemunculan pemandangan hijau tersebut.

Hujan terus-menerus di Arab Saudi bagian barat menyebabkan kasus ketidakstabilan atmosfer yang berulang, bertepatan dengan perluasan depresi Laut Merah dan aliran arus udara lembab di lapisan atmosfer. Kondisi curah hujan yang tidak biasa itulah yang memicu tumbuhnya vegetasi hijau yang luas. Menurut citra terbaru dari satelit Terra, ruang hijau tidak hanya muncul di Makkah, tapi juga di Madinah.(mir)


0 Komentar