Selasa, 31 Januari 2023 14:25 WIB

Industri P2P Lending Optimistis Tumbuh Positif

Editor : Yusuf Ibrahim
Industri P2P lending. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Industri peer to peer (P2P) lending optimistis tumbuh positif meskipun ada ancaman resesi global tahun ini.

Hal itu didorong pencabutan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tetap bertumbuh.

"Kegiatan pembatasan fisik sudah tidak ada sehingga kegiatan usaha sudah bisa normal dan itu juga kita berharap berefek pada individu yang menjadi peminjam di sektor konsumtif jadi kita melihat ini dengan positif," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (31/1/2023).

Namun demikian, industri P2P lending akan bisa bertumbuh jika semua pihak bersinergi baik dari pemerintah, regulator maupun pelaku usaha itu sendiri. "Sehingga penetrasi kepada masyarakat yang underserve dan underbank ini bisa sesuai dengan yang kita harapkan semua jadi orang sudah bisa terlayani," ujarnya.

Dia menyebutkan potensi resesi global memang perlu diwaspadai, tapi Indonesia merupakan market yang berbeda sebab market ekonomi Indonesia sudah tidak dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar, tapi sudah dikuasai oleh UMKM.

"Kita melihat faktanya kegiatan ekonomi di Indonesia ini masih berjalan oleh UMKM, nah kita melihat di situlah market yang harus kita dukung. Jadi kalau kita melihat dari sisi optimisme, yes kita optimis, kalau kita bilang hati-hati, ya kita juga hati-hati," kata dia.(mir)


0 Komentar