Senin, 17 April 2023 21:19 WIB

Prabowo-Ganjar Kalahkan Anies-AHY di Jawa Timur dan Jawa Tengah

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi Gandar bersama Prabowo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pasangan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo berpotensi menang melawan duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hal ini terpotret dari hasil simulasi Pilpres 2024 Lembaga Analisis Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik (Lanskap) pada awal April 2023. Direktur Eksekutif Lanksap Mohammad Thoha menyatakan simulasi yang mempertemukan kedua pasangan ini dilakukan di masing-masing provinsi. Di Jawa Timur pasangan Prabowo-Ganjar unggul telak.

"Pasangan Prabowo-Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 62,9 persen," kata Thoha dalam paparan hasil surveinya secara daring, Senin (17/4/2024).

Sementara, kata dia, pasangan Anies-AHY hanya memperoleh elektabilitas sebesar 30,5 persen. Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 6,6 persen. Di Jawa Tengah, Prabowo-Ganjar juga unggul dengan 52,5 persen. "Anies-AHY sebesar 27,1 persen. Yang tidak menentukan pilihan sebesar 27,1 persen," ujarnya.

Survei ini dilakukan secara bersamaan di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 1 sampai 10 April 2023. Responden berjumalah 880 di masing-masing provinsi yang ditentukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error yang diterapkan sebesar ±3,3 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(san)


0 Komentar